Leukonychia atau Bercak Putih pada Kuku, Ternyata Ini Penyebabnya
Leukonychia merupakan kondisi di mana ada perubahan warna atau bercak putih pada kuku. (Freepik)
15:26
17 Februari 2024

Leukonychia atau Bercak Putih pada Kuku, Ternyata Ini Penyebabnya

- Leukonychia merupakan kondisi di mana ada perubahan warna atau bercak putih pada kuku. Ini bisa terjadi pada satu atau lebih kuku, dan dapat mempengaruhi seluruh kuku atau hanya sebagian kecil dari kuku.

Ada dua jenis utama leukonychia, yakni totalis dan partialis. Leukonychia totalis terjadi ketika seluruh kuku berubah menjadi putih, sementara leukonychia partialis terjadi ketika hanya sebagian kecil yang mengalami perubahan warna menjadi putih.

Kedua jenis leukonychia ini biasanya tidak menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan, namun, penyebab yang mendasarinya mungkin perlu diperiksa dan diatasi.

Penting untuk diketahui bahwa leukonychia biasanya bukan tanda serius, terutama jika tidak disertai dengan gejala lain. Namun, jika leukonychia terjadi secara terus-menerus atau diiringi dengan gejala lain seperti perubahan bentuk kuku, nyeri, atau infeksi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan pengelolaan yang tepat.

Leukonychia dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk cedera pada kuku, infeksi jamur, defisiensi nutrisi tertentu seperti kekurangan zinc atau protein, dan beberapa kondisi medis lainnya.

Dilansir dari Medical News Today pada Sabtu (17/2), leukonychia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yakni di antaranya sebagai berikut.

1. Cedera

Cedera pada pelat kuku atau daerah tempat kuku tumbuh, yang secara ilmiah dikenal sebagai matriks, dapat menyebabkan kerusakan pada kuku. Jenis cedera ini sering terjadi pada anak-anak dan seringkali menjadi penyebab bercak putih pada kuku.

Adapun berbagai jenis cedera yang dapat menyebabkan leukonychia ini termasuk kebiasaan menggigit kuku, perawatan kuku yang kasar atau tidak hati-hati, cedera kuku yang terjadi dalam aktivitas sehari-hari, serta penggunaan alas kaki yang terlalu kecil yang dapat menyebabkan tekanan tidak normal pada kuku.

Sebagai akibat dari cedera ini, bercak putih mungkin akan muncul dan tumbuh bersamaan dengan kuku saat kuku tumbuh.

2. Keracunan dan penggunaan obat-obatan

Keracunan dan penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab leukonychia. Meskipun jarang terjadi, kondisi ini seringkali menghasilkan leukonychia transversal, di mana satu atau lebih garis horizontal muncul melintasi kuku, sejajar dengan lunula

Adapun, beberapa zat yang dapat menyebabkan daerah putih pada atau di bawah kuku meliputi :

· Keracunan logam berat seperti timbal dan arsenik.
· Pengobatan kemoterapi untuk kanker, yang diberikan melalui mulut, suntikan, atau infus melalui kulit untuk membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel kanker.
· Obat sulfa yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri, termasuk infeksi kulit, sepsis, dan infeksi saluran kemih.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #leukonychia #atau #bercak #putih #pada #kuku #ternyata #penyebabnya

KOMENTAR