Sudah Tahu Belum? Ini Dia 7 Manfaat Olahrga Bagi Anak Penderita Kanker!
Ilustrasi anak penderita kanker (freepik/eugene barmin)
10:17
17 Pebruari 2024

Sudah Tahu Belum? Ini Dia 7 Manfaat Olahrga Bagi Anak Penderita Kanker!

 – Banyak anak di seluruh penjuru dunia didiagnosis menderita kanker setiap tahunnya.

Kabar baiknya adalah pengobatan menjadi lebih efektif. Saat ini, 84 persen anak-anak penderita kanker mengalami remisi.

Hanya saja, kanker dan pengobatannya dapat berdampak buruk pada tubuh dan menyebabkan masalah fisik.

Masalah-masalah ini dapat membatasi aktivitas dan gerak, yang penting bagi penderita kanker. Beberapa anak memerlukan bantuan untuk kembali ke fungsi fisik penuh.

The Centers for Disease Control & Prevention merekomendasikan, olahraga sedang hingga berat selama 60 menit per hari untuk anak-anak yang sehat.

Ya, menjadi aktif secara fisik dapat menjadi tantangan bagi anak-anak penderita kanker.

Meski demikian, penting untuk mendorong anak-anak penderita kanker untuk tetap aktif.

Para dokter ahli kanker merekomendasikan orang yang menjalani pengobatan kanker untuk tetap aktif secara fisik. Jumlah olahraga yang tepat dapat mengurangi kelelahan akibat kanker.

Selain itu juga dapat menjaga tubuh tetap kuat sehingga dapat mengikuti aktivitas sehari-hari di rumah dan sekolah. Aktivitas fisik juga membantu penderita kanker mengurangi atau mencegah:

-        Stres

-        Nyeri

-        Pertambahan berat badan

-        Sulit konsentrasi

-        Hilangnya kepadatan tulang

Mengutip dari Choosept.com, Sabtu (17/2), berikut adalah beberapa manfaat aktivitas fisik untuk anak-anak penderita kanker atau leukemia pada masa kanak-kanak.

  1. Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru

Aktivitas fisik meningkatkan kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan dengan meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru.

Anak penderita kanker yang tetap aktif akan memiliki lebih banyak energi untuk aktivitas sehari-hari di rumah dan sekolah serta bermain dengan teman.

  1. Menjaga dan meningkatkan kekuatan otot

Aktivitas fisik membangun otot yang kuat sehingga anak dapat bergerak lebih mandiri. Anak anda memerlukan otot yang kuat untuk naik dan turun dari tempat tidur, naik ke mobil, dan menggunakan tangga.

  1. Tidur menjadi lebih nyaman

Anak-anak yang lebih aktif tidur lebih nyenyak di malam hari. Olahraga juga meningkatkan ritme tidur-bangun untuk mengurangi kelelahan akibat kanker.

Selain itu, anak-anak yang lebih terjaga dan waspada memiliki lebih sedikit masalah emosi dan perilaku. Mereka berprestasi lebih baik di sekolah dan berpartisipasi secara lebih efektif dalam rutinitas sehari-hari.

  1. Mencegah sembelit

Efek kanker dan pengobatan kanker dapat menyebabkan sembelit. Aktivitas fisik adalah salah satu pengobatan pertama yang direkomendasikan untuk sembelit pada anak-anak penderita kanker.

  1. Meningkatkan kesehatan sendi dan otot

Beberapa anak mungkin mengalami ketegangan sendi dan otot. Anak yang aktif secara fisik dapat menjaga dan meningkatkan kelenturan serta kekuatan ototnya. Ini membantu mereka berlari, melompat, dan bermain.

  1. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Aktivitas fisik membantu anak penderita kanker menjaga keseimbangan dan koordinasi. Keseimbangan dan koordinasi yang baik membantu anak duduk di meja untuk kegiatan sekolah atau keluar masuk bak mandi, mobil, atau bus sekolah.

Keseimbangan dan koordinasi yang baik juga memungkinkan anak anda melakukan aktivitas fisik lain yang baik untuk kesehatannya secara keseluruhan.

  1. Meningkatkan kesejahteraan emosional

Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan kesejahteraan emosional anak dan mengurangi kecemasan terkait pengobatan kanker. Aktivitas fisik meningkatkan kualitas hidup.

Olahraga itu aman dan dapat dilakukan untuk pasien anak penderita kanker yang memiliki izin medis.

Anak-anak penderita kanker dapat memperoleh manfaat dari pendekatan pengobatan yang mencakup terapi fisik.

Jika anak kesulitan untuk aktif selama atau setelah pengobatan kanker, ahli terapi fisik dapat membantu.

Terapis fisik pediatrik dapat membantu anak-anak mencapai atau mempertahankan tingkat aktivitas fisik yang sesuai selama dan setelah pengobatan kanker.

Mereka membantu anak-anak penderita kanker dan keluarga mereka mengelola dampak kanker dan pengobatannya, mencapai banyak manfaat kesehatan dari bergerak, dan mencapai tujuan sambil bersenang-senang!

Terapis fisik anak merancang rencana perawatan yang memberikan dosis latihan yang tepat dan spesifik sesuai usia dan kondisi anak.

Mereka juga memotivasi anak-anak untuk mengambil bagian dalam aktivitas yang aman berdasarkan tahap pengobatan kanker, perkiraan efek samping, dan risiko infeksi.

Terapis fisik adalah ahli gerakan. Mereka meningkatkan kualitas hidup melalui perawatan langsung, pendidikan pasien, dan gerakan yang ditentukan. Anda dapat menghubungi ahli terapi fisik secara langsung untuk dilakukan evaluasi.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #sudah #tahu #belum #manfaat #olahrga #bagi #anak #penderita #kanker

KOMENTAR