Tips Memilih Obat Gatal-gatal untuk Anak
Ilustrasi pengobatan gatal gatal pada kulit. (Florida today)
14:03
18 Oktober 2024

Tips Memilih Obat Gatal-gatal untuk Anak

Anak-anak adalah salah satu kategori orang yang paling berisiko mengalami gatal-gatal. Pasalnya, kulit anak cenderung lebih sensitif dibanding orang dewasa.

Mereka bisa alergi karena panas, debu, dan penyebab lainnya. Di sisi lain, mereka justru biasanya senang beraktivitas di luar ruangan. Mencoba berbagai hal yang bahkan terlihat kotor.

Saat anak-anak mengalami gatal-gatal, pastilah hal yang dicari pertama kali adalah obat-obatan untuk mentatasinya.

Nah, saat memilih obat gatal ntuk anak-anak, Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut, dikutip dari berbagai sumber.

1. Jenis obat
Jika anak mengalami gatal-gatal karena alergi, Anda dapat mencoba antihistamin yang dijual bebas. Antihistamin yang tidak menyebabkan kantuk, seperti cetirizine (Zyrtec) dan loratadine (Claritin), umumnya direkomendasikan untuk anak-anak di atas 6 bulan.

Namun, hindari antihistamin yang lebih mungkin menyebabkan kantuk, seperti promethazine (Phenergan) dan trimeprazine (Vallergan) yang tidak direkomendasikan untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun.

2. Pengobatan topikal
Untuk anak yang mengalami dermatitis atopik, Anda dapat mencoba krim atau salep steroid topikal, seperti hidrokortison.

Namun, Krim hidrokortison tidak direkomendasikan untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun. Anda juga dapat mencoba imunomodulator topikal yang mengatur sistem kekebalan kulit.

3. Pengobatan lain
Bila anak mengalami gatal-gatal karena kudis, Anda dapat mencoba Elimite untuk mengobati parasit.

Untuk poison ivy, Anda dapat mencoba prednison, steroid. Untuk cacar air, Anda harus menghindari steroid.

4. Terapi balutan basah
Jika tak ingin langsung menggunakan obat Anda dapat mencoba menggunakan balutan kain yang dibasahi air pada kulit yang gatal untuk menenangkannya dan melindunginya dari garukan.

Terlepas dari itu, sebaiknya Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika anak Anda tampaknya sangat membutuhkan antihistamin. Sebab, antihistamin umumnya tidak direkomendasikan untuk penggunaan jangka panjang.

Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter jika anak Anda merasa sangat tidak nyaman atau Anda tidak yakin mengapa mereka gatal.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #tips #memilih #obat #gatal #gatal #untuk #anak

KOMENTAR