Benarkah Merawat Diri Bisa Meningkatkan Kesehatan? Berikut Jenis dan Cara dalam Perawatannya
ILUSTRASI. Seseorang tampak menikmati perawatan kulit mandiri. (Image by Lifestylememory on freepik)
15:04
11 Februari 2024

Benarkah Merawat Diri Bisa Meningkatkan Kesehatan? Berikut Jenis dan Cara dalam Perawatannya

 Walaupun kita berpikir bahwa dalam merawat diri hanya perlu menikmati rendaman mandi busa yang ditaburi kelopak mawar, tapi bukan itu saja.

Ada beberapa jenis dalam merawat diri dan cara dalam merawat diri, yang dimana semuanya itu sangat penting untuk kesehatan fisik, mental dan emosional kita.

Dilansir dari Forbes.com Minggu (11/2), perawatan diri mungkin tampak seperti kata kunci kesehatan yang konyol, namun para ahli menekankan bahwa hal ini sangatlah penting.

“Tanpa perawatan diri, seseorang bisa merasa lelah,” kata Judith Belmont, MS, seorang psikoterapis di Naples, Florida dan penulis 5 Minute Self-Care for Women.

“Banyak orang juga merasa hubungan mereka rusak ketika mereka tidak meluangkan waktu untuk perawatan diri." ujar Judith.

Dikutip dari Forbes.com, ada beberapa bentuk perawatan diri, antara lain:

1. Fisik : “Jenis perawatan diri ini berarti merawat tubuh Anda,” kata Dr. Gobin. “Ini melibatkan tidur yang cukup, memastikan untuk melakukan aktivitas sepanjang hari, dan mengisi tubuh Anda dengan makanan bergizi.”

2. Mental: "Perawatan kesehatan mental dimulai dengan memperhatikan percakapan yang kita lakukan dengan diri kita sendiri," kata Dr. Shaw.  Jika Anda memberikan pesan-pesan yang merugikan diri sendiri, seperti bahwa Anda tidak cukup baik, terapi spiritual dapat membantu Anda menggantinya dengan pesan-pesan yang lebih memberi semangat.

3. Emosional: "Perawatan diri secara emosional adalah tentang memahami emosi Anda," tambah Dr. Shaw. “Banyak orang menjalani hidup  dengan bereaksi, namun mereka tidak memahami dari mana reaksi tersebut berasal.
”. Menulis jurnal dan terapi adalah contoh perawatan diri secara emosional.

4.  Spiritual: Menurut Belmont, berhubungan dengan tujuan yang lebih tinggi bisa menjadi salah satu bentuk perawatan diri. Bagi sebagian orang,  ini ada hubungannya dengan agama, tapi belum tentu. “Ini tentang terhubung dengan kenyataan bahwa hidup Anda memiliki makna dan mengejar hasrat Anda,” katanya.

5. Sosial: Menurut Belmont, perawatan diri secara sosial itu penting meskipun Anda seorang introvert. Ini termasuk menghabiskan waktu bersama orang-orang yang Anda cintai. Perawatan diri semacam ini tidak boleh diabaikan, mengingat ilmu pengetahuan telah menghubungkan kesepian  dengan  kesehatan mental dan fisik yang lebih buruk, terutama pada orang lanjut usia.

6.  Keuangan: "Bila Anda mempunyai utang, hal itu berdampak besar pada bidang lain dalam hidup Anda," kata Belmont. Oleh karena itu, penting untuk mengedepankan pengelolaan keuangan yang mandiri, termasuk penganggaran, perencanaan keuangan, dan pengelolaan utang, jelasnya.

Selain dari jenis perawatan diri, ada juga beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam merawat diri untuk memberikan kesehatan yang baik bagi tubuh kita, yaitu :

1. Tidur selama 8 jam setiap malam.

2. Berjalan-jalan di kawasan dengan alam.

3. Makan makanan yang bernutrisi.

4. Dengarkan podcast.

5. Meditasi

6. Membuat jurnal setiap hari.

7. Bergabung dengan komunitas yang meningkatkan iman.

8. Menjadi relawan di daerah anda.

9. Temui teman untuk minum kopi.

10. Luangkan 30 menit seminggu untuk melacak keuangan anda.

Jika anda terus-menerus merasa gelisah atau gelisah, ada baiknya jika anda kembali ke daftar berbagai jenis perawatan diri untuk menentukan area mana yang mungkin tidak anda prioritaskan. Dengan begitu, tidak ada satupun bagian yang terbengkalai.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #benarkah #merawat #diri #bisa #meningkatkan #kesehatan #berikut #jenis #cara #dalam #perawatannya

KOMENTAR