Konsumsi Sebelum Makan: Jambu Biji Punya Manfaat Mengejutkan Dibanding Buah Lain
ilustrasi jambu biji. Sumber foto: Vecteezy
16:16
16 Oktober 2024

Konsumsi Sebelum Makan: Jambu Biji Punya Manfaat Mengejutkan Dibanding Buah Lain

Siapa di sini yang masa kecilnya sering mencuri jambu biji dari pohon yang ditanam orang lain? Jambu biji ini memang menyegarkan dan menggoda sekali saat dilihat. Meski ya, jangan sampai mencuri.

Orang biasanya hanya mengonsumsi jambu biji karena semata buah ini enak saat masuk ke perut. Padahal, jambu biji memilki manfaat mengejutkan yang bila dibandingkan dengan buah lain dia adalah pemenangnya.    Grace Derocha, ahli diet terdaftar dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, kepada TODAY.com, mengatakan bahwa jambu biji merupakan simbol ketahanan karena dapat tumbuh dalam kondisi yang sulit.  

  "Dan jambu biji sering ditemukan di daerah pedesaan di seluruh Filipina," tuturnya.   Menurutnya, ada banyak alasan kesehatan untuk makan lebih banyak jambu biji karena sangat kaya akan antioksidan, vitamin C, kalium, dan serat.   Dengan kandungan itu, jambu biji dapat membantu menjaga kesehatan usus, kesehatan jantung, kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi.   Secara kandungan nutrisi, satu buah jambu biji mentah utuh mengandung 157 kalori, 1,4 gram protein, 7,9 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 5 gram gula.    Dengan kandungan serat yang baik untuk usus dan jantung serta kadar gula yang relatif rendah, jambu biji adalah buah yang kaya nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan.   Selain itu, satu buah jambu biji mengandung 125 miligram vitamin C. Kandungan ini melebihi jumlah harian yang direkomendasikan dan sekitar dua kali lipat dari yang ditemukan dalam jeruk. Semua vitamin C itu mendukung sistem kekebalan tubuh Anda.  

  Adapun tiga gram serat yang diberikan jambu biji adalah sekitar 12% dari serat yang harus Anda dapatkan dalam sehari. Secangkir penuh jambu biji memberi Anda 8 gram serat.   Serat larut yang ditemukan dalam jambu biji dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi tekanan darah dan kolesterol jahat.   "Jambu biji juga mengandung kalium, yang selanjutnya mendukung kesehatan jantung," jelas Derocha.   Makan jambu biji sebelum makan   Ada sebuah penelitian selama 12 minggu yang melibatkan partisipan yang mengonsumsi jambu biji sebelum makan. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi jambu biji membantu partisipan mengonsumsi lebih sedikit asam lemak dan karbohidrat.   Hal itu menghasilkan tekanan darah dan kadar kolesterol yang lebih baik. Kandungan serat itu berarti jambu biji juga dapat membantu mencegah sembelit.  

  Di sisi lain, Derocha mengatakan bahwa Jambu biji juga menyediakan sedikit vitamin B9 yang juga disebut folat.    Derocha juga mencatat bahwa jambu biji merupakan sumber magnesium baik yang "sedang naik daun".   "Banyak orang mencari magnesium, tidak hanya sebagai bantuan tidur dan relaksasi alami, tetapi juga untuk membantu menjaga kestabilan tubuh," pungkasnya. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #konsumsi #sebelum #makan #jambu #biji #punya #manfaat #mengejutkan #dibanding #buah #lain

KOMENTAR