Hujan Mengguyur Nafsu Makan Meningkat, Begini Penjelasan WHO
Banyak makan saat musim hujan (Freepik)
20:24
6 Februari 2024

Hujan Mengguyur Nafsu Makan Meningkat, Begini Penjelasan WHO

- Setiap orang kerap mengaku nafsu makannya tiba-tiba meningkat ketika hujan mengguyur. Dalam bayangan mereka ada mi rebus, gorengan panas, dan minuman teh hangat. Lantas benarkah fenomena hujan mengguyur ini menigkatkan nafsu makan?

Dikutip dari Jawa Pos Radar Purworejo, berdasarkan hasil penelitian Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) pada 2022, suhu lingkungan mempengaruhi kebutuhan energi yang dibutuhkan manusia sehari-hari.

WHO juga merekomendasikan peningkatan asupan energi sebesar 100 kkal untuk setiap penurunan suhu lingkungan sebesar 5 derajat Celcius.

Pada penelitian lain menyatakan, saat cuaca dingin tubuh manusia membutuhkan lebih banyak energi untuk menyeimbangkan suhu tubuh yang sama dengan suhu lingkungan.

Jika kebutuhan energi lebih rendah dari yang diperlukan, tubuh mengirimkan sinyal lapar. Sinyal lapar ini diartikan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang dapat menghasilkan energi dengan cepat untuk menyeimbangkan suhu tubuh. Biasanya makanan kaya energi dan sumber karbohidrat adalah pilihan terbaik.

Jadi, bagaimana bisa mengendalikan rasa lapar berlebihan saat cuaca dingin? Yaitu, makan teratur. Maksudnya makan tiga kali makan utama dan dua kali snack atau camilan sehari.

Sekaligus memperhatikan bahan makanan pada setiap makanan utama, dengan menerapkan konsep “gizi seimbang” yang didalamnya terdapat cukup karbohidrat, protein, lipid, vitamin dan mineral.

Selain itu, pilihlah makanan yang kaya serat dan protein, yang akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #hujan #mengguyur #nafsu #makan #meningkat #begini #penjelasan

KOMENTAR