Meski Banyak Manfaatnya, Pepaya Sebaiknya Tak Dikonsumsi 5 Kelompok Ini
6 Manfaat Buah Pepaya untuk Wajah (Freepik)
16:45
13 Oktober 2024

Meski Banyak Manfaatnya, Pepaya Sebaiknya Tak Dikonsumsi 5 Kelompok Ini

Sudah banyak orang mafhum bahwa buah pepaya mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Namun, tak banyak orang tahu bahwa tak semua golongan orang boleh mengonsumsi buah yang terkenal manis ini. 

Orang yang menderita beberapa kondisi tertentu harus menghindari menambahkan pepaya ke dalam makanan mereka.   Untuk mengetahui lebih lanjut, ini beberapa kelompok orang yang tak disarankan mengonsumsi pepaya karena beberapa faktor, dikutip dari Times of India, Minggu (13/10).  

  1. Perempuan hamil   Pepaya sebaiknya tak dikonsumsi oleh perempuan yang tengah mengandung. Sebab, buah manis ini mengandung lateks yang dapat memicu kontraksi rahim. Akhirnya bisa menyebabkan persalinan dini.    Pepaya mengandung papain yang disalahartikan oleh tubuh sebagai prostaglandin, yang digunakan secara artifisial untuk menginduksi persalinan.    Pepaya bahkan dapat melemahkan selaput yang menopang janin. Hal ini sebagian besar terjadi pada pepaya yang setengah matang.  

  2. Orang dengan detak jantung tidak teratur   Jika Anda sudah menderita masalah detak jantung yang tidak teratur, sebaiknya hindari konsumsi pepaya.    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pepaya mengandung sedikit glikosida sianogenik dan asam amino yang dapat menghasilkan hidrogen sianida dalam sistem pencernaan manusia.    Meskipun jumlah senyawa yang dihasilkan tidak berbahaya bagi kesehatan, kelebihannya dapat memperburuk gejala bagi mereka yang menderita masalah detak jantung tidak teratur.   

  3. Orang yang memiliki alergi   Orang yang didiagnosis alergi lateks juga mungkin alergi terhadap pepaya. Hal itu terjadi karena pepaya mengandung enzim yang disebut kitinase.    Enzim tersebut kemudian dapat menyebabkan reaksi silang antara lateks dan makanan yang mengandungnya. Alhasil menyebabkan bersin, kesulitan bernapas, batuk, dan mata berair.   

  4. Orang dengan batu ginjal   Pepaya mengandung vitamin C dalam jumlah yang berlebihan. Nutrisi ini merupakan antioksidan yang kaya, tetapi asupan nutrisi ini yang berlebihan oleh mereka yang sudah menderita masalah batu ginjal dapat memperburuk kondisi tersebut.    Asupan vitamin C yang terlalu banyak dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal kalsium oksalat. Bahkan dapat memperbesar ukuran batu, sehingga lebih sulit dikeluarkan melalui urin.  

  5. Orang dengan hipoglikemia   Pepaya mungkin bukan pilihan yang baik bagi mereka yang sudah menderita masalah gula darah rendah atau hipoglikemia. Itu karena buah yang rasanya manis ini mengandung efek anti-hipoglikemik atau penurun glukosa.    Pepaya dapat meningkatkan kadar glukosa darah ke tingkat yang berbahaya bagi penderita hipoglikemia, yang menyebabkan masalah seperti kebingungan, gemetar, dan detak jantung cepat.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #meski #banyak #manfaatnya #pepaya #sebaiknya #dikonsumsi #kelompok

KOMENTAR