Amankah Buat Minuman Berkolagen Mandiri di Rumah? Ini Kata Dokter
Ilustrasi minuman kolagen yang sangat penting untuk kulit. (Foto: freepik/ al4 )
20:48
11 Oktober 2024

Amankah Buat Minuman Berkolagen Mandiri di Rumah? Ini Kata Dokter

- Minuman berkolagen semakin banyak digandrungi karena dinilai dapat membuat orang lebih awet muda. Berbagai produk bermunculan banyak di pasaran. Bahkan beberapa orang memilih untuk membuat minuman berkolagen secara mandiri di rumahnya.

Namun, benarkah minuman berkolagen rumahan aman untuk dikonsumsi dan mempunyai khasiat untuk memperbanyak produksi kolagen dalam tubuh?   Menjawab hal itu, Praktisi Kecantikan Klinik Aestheglow, dr. Aileen Seto menyebut bahwa minuman berkolagen itu memiliki syarat ukuran tertentu untuk bisa diserap badan.   

  "Kolagen itu hanya di ukuran tertentu bisa diserap badan. Jadi kalau misalnya dia bikin di rumah, partikelnya besar, tidak bisa diserap badan," ujarnya kepada wartawan, Kamis (10/10).   Ia menegaskan bahwa ukuran partikel dalam minuman berkolagen itu penting agar bisa diserap badan.    "Baru dia bisa diserap. Jadi kalau tanya soal minuman rumahan, berarti kan artinya olahannya tidak sesuai, dong? Partikelnya juga tidak sesuai," tuturnya.    "Saya yakin, kayaknya nggak terserap deh itu. Bahasanya gitu, ya," sambung dr. Aileen.   Namun begitu, ia mengatakan tak ada efek samping yang dirasakan meskipun seseorang membuat minuman berkolagen rumahan dengan ukuran partikel yang tak sesuai.   "Enggak sih, badan kita pintar. Badan kita pintar. Nggak perlu, dia buang. Tapi artinya tidak ada penyerapannya (kolagen)," ucapnya.   "Hanya gimik-gimik di kepala seneng aja, kayaknya udah minum kolagen. Tapi sebenarnya nggak ada efek," pungkas dr. Aileen. 

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #amankah #buat #minuman #berkolagen #mandiri #rumah #kata #dokter

KOMENTAR