9 Daftar Sayuran yang Mengandung Vitamin C
Ilustrasi. Sayur bervitamin C. (Sumber foto: pexels)
21:15
1 Februari 2024

9 Daftar Sayuran yang Mengandung Vitamin C

 

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan,banyak sayuran menawarkan nutrisi yang sangat baik ini.

Sayuran berdaun hijau, seperti kangkung dan brokoli, serta labu dan tomat, merupakan sayuran yang paling kaya vitamin C. Sumber bagus lainnya termasuk kubis Brussel, labu, dan kentang.

Memasukkan sayuran ini ke dalam makanan Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan vitamin C dan mendapatkan manfaat dari nutrisi penting ini, termasuk mendukung sistem kekebalan tubuh, bertindak sebagai antioksidan, dan membantu produksi kolagen. 

Oleh karenanya penting untuk memahami sayuran yang membantu Anda mendapatkan persentase vitamin C yang baik.

Dilansir dari Well Curve, Kamis (2/1), berikut ini adalah daftar sayuran yang mengandung vitamin C.

1. Brokoli
Brokoli adalah nama umum yang dikaitkan dengan makan sehat. Namun, ia juga merupakan pembangkit tenaga vitamin C. 100 gram kemasan porsi hampir 132 mg vitamin C bersama dengan banyak serat, serat mikro, dan nutrisi.

Selain sebagai sumber vitamin C, brokoli juga berperan sebagai detoksifikasi dengan menghilangkan racun berbahaya dari darah. Jika Anda bertanya-tanya sayuran apa yang paling banyak mengandung vitamin C, maka jawabannya adalah brokoli. 

2. Bunga kol
Sayuran vitamin C musiman seperti kembang kol juga berfungsi sebagai sumber vitamin C yang baik. Secangkir kembang kol yang dicincang halus dapat menyediakan sekitar 45 mg vitamin C. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan vitamin K dan folat ke dalam asupan makanan harian Anda dengan kembang kol.

3. Bayam
Satu porsi 100 gram sayuran berdaun hijau seperti bayam sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian Anda karena Anda bisa mendapatkan sebanyak 120 mg vitamin ini. 

4. Tomat
Tomat merupakan sumber penting vitamin C lainnya. 100 gram tomat mentah yang dipotong dadu mengandung 100 mg vitamin C. Tomat juga mengandung sifat anti-inflamasi yang baik dan bermanfaat untuk kulit.

5. Kubis
100 gram kubis mengandung sekitar 36,6 mg vitamin C, yang merupakan setengah dari total nilai yang direkomendasikan untuk manusia.

6. Sawi
Ini adalah sayuran berdaun hijau bergizi yang terlihat sangat mirip dengan bayam dan mengandung banyak vitamin C. Terdapat sekitar 35,3 mg vitamin ini dalam 100 gram sawi.

7. Kacang Polong
Kacang hijau segar merupakan sumber protein nabati dan vitamin C. Terdapat sekitar 14,2 mg vitamin C dalam 100 gram kacang polong.

8. Cabai Hijau
Terdapat 242 mg vitamin C yang terdapat dalam 100 gram cabai hijau.
Individu yang gagal memperoleh jumlah vitamin C yang diperlukan dari makanan tersebut mungkin menderita beberapa gangguan kesehatan.

9. Selada air
Sebagai tanaman air yang berkhasiat, selada air merupakan sayuran berdaun tertua yang diketahui dan mengandung banyak vitamin C. Terdapat sekitar 43 mg vitamin C dalam 100 gram selada air.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #daftar #sayuran #yang #mengandung #vitamin

KOMENTAR