Penyebab Perempuan Lebih Sering Pusing Dibanding Laki-laki, Menurut Penelitian
Ilustrasi seseorang sedang mengalami pusing dalam perjalanan. (freepik)
13:32
8 Oktober 2024

Penyebab Perempuan Lebih Sering Pusing Dibanding Laki-laki, Menurut Penelitian

- Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa sebagai perempuan Anda merasa lebih sering merasakan sakit kepala dibanding laki-laki? Ternyata ini memang kenyataan dan ada penjelesannya.   Faktanya, penelitian menyebut bahwa perempuan hampir tiga kali lebih mungkin melaporkan merasa banyak terganggu akibat sakit kepala daripada pria.   Meskipun kemungkinan ada banyak faktor yang berkontribusi, penelitian menunjukkan bahwa salah satu alasan yang jelas untuk perbedaan gender adalah hormon.   Selain itu, ini beberapa penyebab perempuan merasa lebih banyak sakit kepala dibanding laki-laki, dikutip dari The New York Times.  

  1. Perempuan lebih banyak stres   Sebelum masa pubertas, anak laki-laki dan perempuan sama-sama mungkin mengalami sakit kepala migrain. Namun begitu masa pubertas tiba, sakit kepala migrain menjadi jauh lebih umum di kalangan perempuan dan anak perempuan dibanding laki-laki.    Salah satu kemungkinan alasan untuk perbedaan ini adalah karena perempuan cenderung melaporkan memiliki lebih banyak stres, entah dari kewajiban pekerjaan, sosial, atau keluarga.    Akhirnya, perempuan juga cenderung lebih sulit tidur dibandingkan pria, dan kelelahan dapat memicu sakit kepala ini.   2. Peran Estrogen  

  Ini menjadi pembeda penting antara perempuan dan laki-laki. Beberapa migrain dan sakit kepala justru dipicu oleh hormon, khususnya perubahan mendadak pada kadar estrogen yang sebagian besar diproduksi oleh ovarium   Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa estrogen berperan penting dalam perkembangan migrain, yang mana, antara masa pubertas dan menopause, lebih umum terjadi pada perempuan dibandingkan pada pria.   Banyak perempuan disebut mengalami migrain sebelum dan selama menstruasi tepat setelah kadar estrogen mereka turun.     

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #penyebab #perempuan #lebih #sering #pusing #dibanding #laki #laki #menurut #penelitian

KOMENTAR