Penyebab Sakit Kepala pada Perempuan, Ternyata Bisa karena Lingkungan
Ilustrasi: Seseorang pusing. (Sumber: Freepik)
12:50
8 Oktober 2024

Penyebab Sakit Kepala pada Perempuan, Ternyata Bisa karena Lingkungan

- Perempuan seringkali merasakan pusing kepala di waktu-waktu yang tiba-tiba. Penyebabnya bisa bermacam-macam dan lebih kompleks dari yang dirasakan laki-laki.

Sakit kepala ini sendiri bisa terasa dengan berbagai jenisnya. Mulai dari migrain ataupun sakit kepala lainnya.   Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa penyebab terjadinya sakit kepala terhadap perempuan.    1. Fluktuasi hormon   Sakit kepala pada perempuan dapat dipicu oleh perubahan kadar estrogen yang dapat terjadi selama siklus menstruasi, kehamilan, menopause.  

  Penyebab sakit kepala pada perempuan juga dapat terjadi saat mengonsumsi kontrasepsi oral atau terapi penggantian hormon.   2. Anemia   Saat perempuan merasa mudah sakit kepala, kondisi tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke jaringan dapat menyebabkan sakit kepala.   Tak hanya itu, anemia juga membuat kelelahan, lemas, pusing, sesak napas, kulit pucat, dan kuku rapuh.    3. Faktor lingkungan   Penyebab sakit kepala tidak hanya tentang kesehatan tubuh Anda.   Bila perempuan berada di lingkungan yangpaparan bau tertentu, cahaya terang, asap, atau bahan kimianya cukup mengganggu, itu pun bisa membuat sakit kepala.   4. Obat-obatan  

  Bila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan, coba cek lagi. Beberapa obat resep, seperti nitrogliserin dan estrogen, dapat memicu sakit kepala.     Untuk mengatasinya, menghentikan konsumsi kafein atau obat-obatan yang mengandung kafein juga dapat menyebabkan sakit kepala.   5. Makanan dan minuman   Makanan dan minuman tertentu, seperti keju tua, alpukat, pisang, cokelat, kacang polong, daging babi, krim asam, kacang-kacangan, selai kacang, yogurt, aspartam, dan alkohol, dapat memicu sakit kepala.   6. Dehidrasi   Jangan lupa minum, kekurangan cairan dapat menyebabkan sakit kepala.  

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #penyebab #sakit #kepala #pada #perempuan #ternyata #bisa #karena #lingkungan

KOMENTAR