Tips Diet Sehat Menurut Golongan Darah agar Lebih Efisien
Golongan Darah. (freepik)
11:36
25 Januari 2024

Tips Diet Sehat Menurut Golongan Darah agar Lebih Efisien

 - Berbagai cara akan dilakukan seseorang untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Banyak orang yang ingin diet karena berat badan mereka berlebih.

Mulai dari olahraga hingga diet dengan mengonsumsi obat-obatan mereka lakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai keinginan.

Namun diet dengan cara yang salah juga akan mempengaruhi hasil dari diet itu sendiri. Diet dengan cara yang benar dan sesuai anjuran akan menghasilkan penurunan berat badan secara ideal dan juga mempengaruhi kesehatan menjadi lebih baik.

Sebuah riset sebelumnya pernah menganalisis kaitan makanan tertentu dengan golongan darah A, B, atau AB yang mungkin berdampak pada diet seseorang. Salah satunya berkaitan dengan penurunan bobot tubuh.

Dokter naturopati Peter J D'Adamo adalah pencetus diet berdasarkan golongan darah. Dirinya mengklaim, makanan yang dikonsumsi bakal bereaksi secara kimia dengan golongan darah seseorang.

Jika mengikuti diet yang dirancang untuk golongan darah, tubuh disebut akan mencerna makanan lebih efisien. Hal ini diyakini bermanfaat untuk menurunkan berat badan, memiliki lebih banyak energi, dan membantu mencegah penyakit.

Dilansir dari WebMD (25/1), berikut ini adalah cara diet sesuai dengan golongan darah:

1. Golongan Darah A

Menurut D'Adamo menyatakan golongan darah A untuk makan tanpa daging dan lebih dianjurkan memakan buah-buahan dan sayuran.
Dia juga menyarankan untuk makan kacang-kacangan dan biji-bijian yang idealnya organik dan segar. Alasan D'Adamo menganjurkan makanan tersebut karena orang dengan golongan darah A memiliki sistem kekebalan yang sensitif.

2. Golongan Darah B

Hindari jagung, gandum, soba, lentil, tomat, kacang tanah, dan biji wijen. Ayam juga bermasalah, kata D'Adamo. Dia menganjurkan makan sayuran hijau, telur, daging tertentu, dan produk susu rendah lemak.

3. Golongan Darah AB

Makanan yang harus diperhatikan antara lain tahu, makanan laut, produk susu, dan sayuran hijau. Ia mengatakan orang dengan golongan darah AB cenderung memiliki asam  lambung yang rendah . Hindari kafein , alkohol, dan daging asap atau daging yang diawetkan.

4. Golongan Darah O

Untuk golongan darah O D'Adamo menyarankan diet tinggi protein dengan banyak mengonsumsi daging tanpa lemak, unggas, ikan, dan sayuran serta sedikit mengkonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan dan susu. 

D'Adamo juga merekomendasikan berbagai suplemen untuk membantu mengatasi masalah perut dan masalah lain yang menurutnya cenderung dialami oleh orang-orang dengan tipe O.

Apakah diet ini baik?

Karena pola makan ini mengharuskan mengkonsumsi jenis makanan yang sangat spesifik berdasarkan golongan darah, pola makan ini tidak memungkinkan tidak sesuai selera pribadi.

Misalnya, jika Anda penggemar berat daging dan kentang, Anda tidak akan terlalu senang dengan pola makan tipe A, yang sebagian besar vegetarian.

Sebagai catatan, diet golongan darah tidak disarankan untuk mereka yang memiliki penyakit kronis misalnya seperti diabetes. Dalam kondisi tersebut, pasien tentu memerlukan protein yang tinggi, tetapi ada pula yang disarankan untuk menghindari produk susu atau ayam.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #tips #diet #sehat #menurut #golongan #darah #agar #lebih #efisien

KOMENTAR