Gaya Hidup Cepat Picu Gangguan Kesehatan Lambung, Ini Solusinya
Ilustrasi sakit lambung. [Dok.Istimewa]
14:24
28 September 2024

Gaya Hidup Cepat Picu Gangguan Kesehatan Lambung, Ini Solusinya

Praktisi kesehatan masyarakat, dr. Ngabila Salama mengingatkan bahwa gaya hidup cepat yang sering dijalani masyarakat modern bisa berdampak buruk pada kesehatan lambung.

Pola makan yang tidak teratur, stres, serta minimnya perhatian terhadap konsumsi makanan sehat menjadi penyebab utama munculnya berbagai masalah lambung seperti gastritis, mual, dan perut kembung.

"Di tengah gaya hidup modern yang serba cepat, banyak individu menghadapi masalah kesehatan lambung serius seperti gastritis, perut kembung, dan mual," ujarnya, Jumat (27/9/2024).

Ia menekankan bahwa kesehatan lambung harus diperhatikan dengan baik, terutama dengan mengenali gejala awal dari gangguan pencernaan.

Untuk mengatasi masalah kesehatan lambung, Ngabila menyarankan beberapa perubahan gaya hidup sederhana namun efektif. Di antaranya, mengatur pola makan yang teratur, memperbanyak konsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran, serta menghindari makanan pedas dan berlemak.

"Selain itu, teknik mindfulness dan relaksasi juga penting untuk mengurangi stres, yang seringkali memperburuk kondisi lambung," katanya.

Tidak hanya itu, dr. Ngabila juga menyebutkan bahwa obat alami seperti jahe dan peppermint dapat membantu meredakan gejala mual dan perut kembung. Kedua rempah ini terbukti memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan pada lambung.

"Konsumsi jahe bisa efektif untuk mengurangi mual pada pasien yang mengalaminya," jelasnya.

Sebagai solusi jangka panjang, ia menyarankan untuk mengintegrasikan suplemen herbal seperti Herbavomitz ke dalam rutinitas harian.

Produk ini mengandung jahe emprit yang diolah dengan teknologi Advanced Fractionation Technology (AFT), dirancang untuk meredakan gejala mual dan perut kembung dengan cepat.

"Herbavomitz bisa menjadi alternatif yang aman untuk menjaga kesehatan lambung di tengah aktivitas yang padat, memberikan kelegaan yang lebih cepat dari gejala gangguan pencernaan," ujar Brand Manager Herbavomitz, Devi Eliya. (antara)

Editor: Riki Chandra

Tag:  #gaya #hidup #cepat #picu #gangguan #kesehatan #lambung #solusinya

KOMENTAR