Golongan Darah O Dilarang Minum Kopi, Berikut Faktanya
Ilustrasi segelas kopi. (Freepik)
21:36
22 Januari 2024

Golongan Darah O Dilarang Minum Kopi, Berikut Faktanya

- Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari biji kopi dan termasuk dalam satu komoditas perdagangan terbesar di dunia. Saat ini, kopi menjadi salah satu minuman populer yang banyak digemari oleh sejumlah kalangan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kedai kopi yang tersebar di berbagai daerah di seluruh dunia.

Beberapa orang percaya kopi memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Mulai dari meningkatkan energi, menurunkan berat badan, hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mengurangi risiko kanker, menjaga kesehatan jantung, mengurangi resiko parkinson, menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan menjaga kesehatan otak.

Baru-baru ini tersebar kabar bahwa golongan darah O tidak boleh minum kopi karena bisa menyebabkan pengentalan darah. Menurut penelitian memang disebutkan golongan darah O rentan terhadap penyakit maag dan sering terjadi kenaikan asam lambung.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kopi adalah salah satu minuman yang paling dihindari orang dengan penyakit maag dan asam lambung. Hal itu karena kafein yang ada pada kopi bisa merusak dinding lambung dan menyebabkan infeksi. Kalau dibiarkan terus menerus, tentunya ini bakal membahayakan kesehatan orang dengan golongan darah O.

Akan tetapi, belum ada penelitian yang pasti golongan darah O tidak boleh meminum kopi karena dapat menyebabkan pengentalan darah. Faktanya spesialis penyakit dalam sub spesialis hematologi onkologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr Zubairi Djoerban, SpPD-KHOM ini menegaskan belum ada bukti ilmiah mengenai keterkaitan antara keduanya.

"Memang ada saran untuk yang memiliki Golongan darah O agar mengurangi konsumsi kopi. Tapi alasannya bukan karena risiko pengentalan darah, lebih kepada kemungkinan menjadi 'deg-degan'," katanya dikutip dari laman X pribadinya.

Guru Besar FKUI itu mengutip sebuah jurnal yang terbit di National Library of Medicine yang menemukan bahwa mengkonsumsi kopi mengurangi resiko mengalami trombosis vena 30 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak. Risiko pengentalan darah juga disebut lebih tinggi pada orang dengan golongan darah A dan B dibandingkan mereka yang memiliki golongan darah O.

Dikutip dari Mayo Clinic, trombosis vena atau deep vein thrombosis (DVT) adalah penggumpalan darah pada satu atau lebih pembuluh darah vena dalam. Kondisi ini terjadi ketika bekuan vena berkembang jauh di dalam kaki, daerah panggul, paru-paru, atau otak.

Studi menganalisis beberapa makanan pemicu DVT antara lain makanan olahan, soda, lemak trans sampai daging olahan. "Sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa orang dengan golongan darah O yang minum kopi akan lebih mudah mengalami pembekuan atau pengentalan darah," sebut dr Zubairi.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #golongan #darah #dilarang #minum #kopi #berikut #faktanya

KOMENTAR