Terkenal Manis dan Punya Banyak Nutrisi, Ketahui Masalah Jika Makan Mangga Berlebihan
6 Nutrisi Penting Buah Mangga untuk Ibu Hamil (Freepik)
09:19
18 September 2024

Terkenal Manis dan Punya Banyak Nutrisi, Ketahui Masalah Jika Makan Mangga Berlebihan

Mangga merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari. Tekstur, penampilan, kekenyalan, ketersediaan sepanjang tahun, dan tentu saja rasa menjadikan mangga sangat difavoritkan.

Mangga merupakan salah satu buah yang memiliki tekstur tidak begitu keras tetapi juga tidak begitu lembek, sangat mudah didapatkan di seluruh Indonesia, dan memiliki rasa yang sangat manis.

Mangga bisa memiliki rasa yang sangat manis karena buah itu memiliki kandungan gula alami tertinggi di antara jenis buah lainnya.

“Rasa manisnya yang luar biasa membuat mangga menarik, mulai dari dijadikan sebagai topping maupun sebagai bahan dalam resep termasuk ketan, smoothie, yogurt, dan salad,” kata juru bicara dan ahli gizi Academy of Nutrition and Dietetics Kristen Smith.

Mangga adalah buah pohon tropis yang berasal dari Asia Selatan pada 5 ribu tahun lalu. Kini mangga ditanam secara komersial di lebih dari 80 negara di seluruh dunia.

Pohon mangga dapat tumbuh tinggi. Terkadang mencapai ketinggian 100 kaki. Buahnya dapat dipetik dengan mesin pemanen atau dipetik dengan tangan saat matang, meskipun belum sepenuhnya matang.

Mangga dapat memiliki bentuk yang beragam, mulai dari oval, bulat, berbentuk hati, bahkan ramping. Meskipun satu varietas mangga dapat berukuran sekecil plum, mangga sering dianggap sebagai salah satu buah terbesar.

Terlepas dari bentuk atau ukurannya, mangga memiliki banyak sekali manfaat nutrisi. Satu buah mangga mengandung 2,7 gram protein, 564 miligram kalium, dan lebih dari 5 gram serat makanan.

Serat sangat penting dalam menurunkan kadar kolesterol LDL dan mendukung fungsi pencernaan, kalium membantu mengontrol tekanan darah, dan protein penting untuk pertumbuhan otot dan kesehatan tulang.

“Mangga mengandung vitamin A, folat dan antioksidan yang tinggi,” kata Shelley Rael, seorang ahli diet dan ahli gizi yang berbasis di Albuquerque, New Mexico.

Dia menjelaskan, folat membantu pembentukan dan perkembangan sel yang sehat, vitamin A meningkatkan penglihatan dan kesehatan kekebalan tubuh, dan berbagai antioksidan dalam mangga dapat membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar.

Buah ini juga mengandung vitamin C yang penting untuk meningkatkan kesehatan pembuluh darah, serta zat besi, kalsium, fosfor, zinc, thiamin, mangan dan vitamin K.

Mangga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. Namun, berhati-hatilah untuk tidak memakannya terlalu banyak. Mengutip USA Today inilah alasannya.

Terlepas dari banyaknya nutrisi dan manfaat kesehatan yang terkait, mangga paling baik dinikmati dalam jumlah sedang. Salah satu alasannya adalah karena buah ini memiliki kalori yang jauh lebih tinggi daripada kebanyakan buah lainnya, mengandung lebih dari 200 kalori dalam satu buah mangga.

Buah ini juga memiliki kandungan gula alami yang tinggi, lebih dari 46 gram per mangga. Namun ketika mangga dikonsumsi dalam jumlah sedang, kandungan gula tidak menjadi masalah karena mangga juga mengandung berbagai nutrisi yang bagus untuk kesehatan.

Bersentuhan dengan getah di bagian luar mangga atau senyawa urushiol yang ada di kulit beberapa mangga dapat menyebabkan ruam atau reaksi alergi pada beberapa orang yang dapat serupa dengan bersentuhan dengan tanaman beracun.

Mengonsumsi mangga secara berlebihan juga dapat menyebabkan diare karena mengandung serat yang tinggi dan konsumsi buah berserat yang berlebihan, dapat mempercepat sistem pencernaan dalam tubuh. Namun, selama pertimbangan-pertimbangan seperti itu, mangga adalah tambahan yang bagus untuk diet.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #terkenal #manis #punya #banyak #nutrisi #ketahui #masalah #jika #makan #mangga #berlebihan

KOMENTAR