Kadinkes Jatim Prof Erwin Tegaskan 27 Siswa di Situbondo Terjangkit Cacar Air, Bukan Cacar Monyet atau Mpox
Ilustrasi Cacar Monyet atau Mpox. (freepik)
22:44
15 September 2024

Kadinkes Jatim Prof Erwin Tegaskan 27 Siswa di Situbondo Terjangkit Cacar Air, Bukan Cacar Monyet atau Mpox

- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Prof. Dr. dr. Erwin Astha Triyono, Sp.PD-KPTI., FINASIM., meluruskan pemberitaan mengenai dugaan kasus cacar monyet (Mpox) di Situbondo. Prof. Erwin menegaskan bahwa berita pada 10 September 2024 tentang 20 siswa yang terindikasi cacar monyet di Situbondo perlu dikoreksi.

"Berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, kasus tersebut bukanlah Mpox, melainkan cacar air (varicella). Terdapat 27 kasus cacar air yang ditemukan di salah satu sekolah dasar di Situbondo," ungkapnya.

Prof. Erwin menjelaskan bahwa gejala cacar air meliputi ruam atau bintik-bintik merah berisi cairan yang menyebar ke seluruh tubuh, demam, sakit kepala, dan nyeri otot.

"Gejala cacar air berbeda dengan Mpox. Pada Mpox, gejalanya berupa ruam dengan lepuhan pada wajah, tangan, kaki, mata, mulut, dan/atau alat kelamin, demam, sakit kepala, pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan, serta nyeri otot dan lemas," terang Prof. Erwin.

Dia juga berpesan kepada masyarakat untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat jika menemui gejala cacar air maupun Mpox, agar mendapatkan penanganan yang tepat dan mencegah penularan kepada orang lain.

"Cacar air dapat menular melalui kontak langsung dengan ruam pada kulit, percikan air liur (droplet), serta kontak dengan benda-benda yang terkontaminasi seperti baju, handuk, dan lain-lain dari pasien cacar air," jelasnya.

Untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran cacar air, Dinas Kesehatan Jawa Timur telah melakukan berbagai upaya. Antara lain, mengimbau agar siswa dan orang tua tidak panik, melaksanakan pembelajaran sementara secara daring, serta memberikan edukasi kepada siswa dan guru tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai langkah pencegahan.

Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #kadinkes #jatim #prof #erwin #tegaskan #siswa #situbondo #terjangkit #cacar #bukan #cacar #monyet #atau #mpox

KOMENTAR