5 Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia dan Dapat Meningkatkan Kadar Hemoglobin
Ilustrasi: Makanan bagi penderita anemia (Aditya Birla Capital)
06:51
14 September 2024

5 Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia dan Dapat Meningkatkan Kadar Hemoglobin

 

Kekurangan asupan zat besi dapat menyebabkan kandungan sel darah merah dalam tubuh mengalami penurunan.

Saat mengalami anemia, kadar hemoglobin akan mengalami penurunan karena tubuh tidak mampu memproduksi dalam jumlah yang cukup.

Hemoglobin merupakan protein yang terkandung dalam sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Dilansir dari laman alodokter, kadar hemoglobin atau Hb apabila dibawah 14 mg/dL untuk pria dewasa dinyatakan rendah sedangkan untuk wanita dewasa sekitar 12 mg/dL.

Anemia adalah kondisi yang cukup lazim dialami oleh banyak orang, kondisi ini dapat menyebabkan tubuh mengalami pusing, mudah lelah serta wajah akan terlihat pucat karena kekurangan zat gizi yang penting dalam pembentukan sel darah merah.

Namun, jangan khawatir Anda dapat mengonsumsi makanan yang dapat menambah darah agar dapat mencegah anemia terjadi. Berikut jenis makanan yang mampu meningkatkan kadar darah dalam tubuh dikutip dari kanal YouTube Chrisan Bimo.

  1. Sayuran Hijau

Tubuh membutuhkan zat besi untuk menghasilkan hemoglobin yang berfungsi membawa dan menyimpan oksigen dalam tubuh. Tidak hanya itu, zat besi juga akan membantu menjaga sel-sel tubuh untuk menyimpan oksigen. Salah satu sumber makanan yang dapat menambah asupan zat besi dalam tubuh adalah sayuran berdaun hijau gelap, contohnya bayam, kol dan brokoli.

Masukan jenis sayuran hijau ini ke dalam makanan Anda setiap hari untuk mencegah terjadinya anemia.

  1. Daging Merah

Daging merah mempunyai kandungan zat besi yang tinggi, karena dalam 100 gram-nya mengandung sekitar 3 miligram zat besi.

Daging merah kerap dihindari karena alasan diet dan tidak menggantikannya dengan sumber asupan lainnya, sehingga tubuh akan kekurangan zat besi dan berakibat mengalami anemia.

Jika sudah terkena anemia, maka disarankan untuk mengonsumsi daging sapi setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Daging merah sebaiknya tetap dikonsumsi asalkan dimakan secukupnya dan hindari konsumsi bagian lemaknya. Daging merah akan memberikan manfaat lebih optimal apabila tidak diolah dengan suhu tinggi, seperti goreng dan bakar.

  1. Buah Bit

Salah satu makanan penambah darah dari kelompok buah-buahan adalah buah bit. Buah ini mempunyai kandungan vitamin B9 atau asam folat yang akan membantu produksi sel darah merah.

Cara mudah untuk mengonsumsi buah bit adalah dengan membuatnya menjadi jus atau dapat dicampurkan ke dalam salad.

  1. Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik dan murah namun dapat menjadi pilihan tepat untuk menambah sel darah merah.

Telur mengandung zat besi yang tinggi dan juga kandungan gizi lainnya seperti kalsium, karbohidrat, vitamin B1, vitamin B2 yang baik untuk dikonsumsi oleh pengidap anemia.

Anda dapat menjadikan telur sebagai sarapan sehat, dengan cara direbus atau digoreng telur mata sapi dengan sedikit minyak.

  1. Susu

Susu merupakan minuman sehat yang mempunyai banyak manfaat, salah satunya baik untuk pengidap anemia.

Minuman sumber kalsium yang tinggi ini juga kaya akan zat besi yang baik untuk pembentukan sel darah merah. Konsumsi susu sehari sekali dapat meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh sehingga terhindar dari risiko anemia.

 

Selain mengonsumsi makan sehat dan suplemen penambah sel darah merah, Anda juga wajib melakukan perubahan pada gaya hidup.

Hindari konsumsi alkohol karena dapat merusak liver dan menurunkan sel darah merah dan jangan lupa olahraga secara teratur, karena dapat meningkatkan kebugaran dan sangat efisien untuk mendistribusikan oksigen.

 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #makanan #penambah #darah #untuk #mencegah #anemia #dapat #meningkatkan #kadar #hemoglobin

KOMENTAR