Pernah Sakit Perut Saat Pagi Hari? Berikut Ada 5 Penyebab Utamanya, Sembelit Salah Satunya
Ilustrasi gangguan pada perut. (Foto: Penn State Health)
08:12
12 September 2024

Pernah Sakit Perut Saat Pagi Hari? Berikut Ada 5 Penyebab Utamanya, Sembelit Salah Satunya

Sakit pada bagian perut dapat terasa dibagian mana saja, mulai dari bawah tulang rusuk hingga panggul dan bisa terjadi kapan saja. Bahkan, kondisi tersebut dapat terjadi saat and terbangun dari tidur.

Terkadang, sakit perut di pagi hari dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan apapun. Ada juga sakit perut yang harus mendapatkan perhatian medis. Dalam artikel ini diulas penyebab sakit perut di pagi hari, sebagaimana dilansir Verywell Health.

1. Gangguan pencernaan
Gangguan pencernaan juga disebut sebagai dispepsia yang dapat menyebabkan rasa nyeri di perut kapan saja. Gangguan tersebut terjadi karena faktor gaya hidup seperti merokok, terlalu banyak alkohol dan kafein, makanan pedas, berminyak serta berlemak. Bukan itu saja, obat-obatan seperti aspirin, antibiotik, dan obat antiinflamasi nonsteroid juga menyebabkan gangguan pencernaan.

2. Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS)
Gejala dari Sindrom Iritasi Usus besar (IBS) sering ditandai dengan nyeri berulang di perut. Penderitanya sering mengalami diare, sembelit, atau keduanya. Gejalanya makin memburuk, jika dialami oleh perempuan yang sedang menstruasi.

3. Penyakit Radang Usus (IBD)
Penyakit Radang Usus (IBD) merupakan peradangan berkelanjutan pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh penyakit Crohn, kolitis ulseratif, dan kolitis tak tentu atau indeterminate colitis. Kelelahan, turunnya berat badan, darah dalam tinja, diare terus menerus, hingga pendarahan di rektum merupakan gejala yang dialami oleh penderita IBD.

4. Sembelit
Jika kurang tiga kali seminggu tidak buang air besar, itu berarti anda mengalami sembelit. Gejala-gejala yang dialami seperti kotoran yang menggumpal, sakit saat buang air besar, dan ada benjolan keras.

5. Tukak Lambung
Tukak lambung merupakan jenis luka pada lapisan lambung atau duodenum. Hal tersebut dapat disebabkan karena penggunaan obat seperti obat antiinflamasi nonsteroid secara berlebihan atau akibat infeksi bakteri yang disebut helicobacter pylori.

Umumnya, sang penderita akan merasakan nyeri seperti terbakar di perut. Rasa nyeri tersebut terjadi pada saat makan dan bisa membuat orang bangun dari tidurnya.

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #pernah #sakit #perut #saat #pagi #hari #berikut #penyebab #utamanya #sembelit #salah #satunya

KOMENTAR