Pengusaha Muda Ini Beli Pabrik Hanya Kenakan Sandal Jepit dan Kaos Oblong, Penjual Auto Melongo
Pabrik PT Kosmetika Global Indonesia (PT Kosme).
06:35
17 Agustus 2024

Pengusaha Muda Ini Beli Pabrik Hanya Kenakan Sandal Jepit dan Kaos Oblong, Penjual Auto Melongo

Dalam bernegosiasi untuk bertransaksi membeli aset properti perusahaan, pada umumnya calon pembeli menggunakan pakaian rapi ketika bertemu dengan calon penjual. Berbeda dengan pengusaha ini, yang serius ingin membeli sebuah pabrik namun bertemu dengan calon penjualnya sambil memakai sandal jepit.

Adalah Sabdha Agung Trilaksana, Production Manager PT Kosmetika Global Indonesia (PT Kosme), yang menceritakan bagaimana dia dan bosnya pernah membeli sebuah pabrik sambil memakai sandal jepit.

“Waktu awal saya bergabung dengan PT Kosme, saya bekerja di pabrik, di bagian produksi. Saya terlibat mulai dari bikin-bikin produknya, pengiriman, membuat packaging, dan berbagai project yang ada di perusahaan mas Gilang dan mbak Shandy. Awalnya saya bergabung memang sebagai konsultan pabrik,” cerita Sabdha ditulis Sabtu (17/8/2024).

Berdiri pada tahun 2018, PT Kosme adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi produk-produk kecantikan milik Shandy Purnamasari dan suaminya Gilang Widya Pramana atau yang biasa dikenal sebagai Juragan 99.

Baca Juga: Punya 31 Pabrik Pupuk, Begini Upaya Petrokimia Gresik Mitigasi Perubahan Iklim

Shandy dan Gilang juga dikenal sebagai pemilik brand skincare MS GLOW, perusahaan skincare yang dimulai Shandy pada tahun 2013 dengan nama Cantik Skincare.

Shandy kemudian mengubah nama Cantik Skincare menjadi MS GLOW dan mendaftarkan MS GLOW ke Dirjen Kekayaan Intelektual pada 2016.

“Ada satu cerita menarik ya waktu kami ingin beli pabrik. Ini yang punya pabrik adalah satu perusahaan besar di Jakarta. Kita berangkat cuma tiga orang, pakai kaos oblong, pakai sandal jepit seadanya. Waktu sampai di lokasi, kami melihat ada perwakilan orang-orang yang mempersiapkan penjualan pabriknya, sekitar enam orang, orang-orang tua pakai pakaian batik untuk menerima kami,” lanjut Sabdha.

“Kami saat itu masih memakai pakaian kaos gitu, seperti baru saja selesai nonton pertandingan sepakbola.”

“Kami kemudian menawar pabriknya, tawar tempatnya dan sebagainya, kami ngobrol bersama mereka, seperti pembicaraan resmi gitu. Mungkin mereka mengira kami ngapain, anak-anak masih muda, pakaian seadanya, mungkin mau main-main aja. Tapi tidak sampai tiga hari, kami langsung beli, kami bayar, dan kami jadikan pabriknya,” papar Sabdha.

Baca Juga: Profil PT Volex, Perusahaan Manufaktur Kabel dan Konektor Terafiliasi Rothschild

“Saya sendiri merasa bangga ya ada di peristiwa itu, ada di kisah itu, saya bangga.” ucapnya.

PT Kosme belum lama ini dipercaya oleh pemerintah lewat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan BPOM untuk menjadi salah satu orang tua angkat bagi UMKM kecantikan untuk membantu mendorong dan menumbuhkan industri kecantikan di Indonesia.

Saat ini, PT Kosme sudah menaungi sekitar 200 brand sebagai customer maklon, dan sudah memiliki pabrik di Malang, Surabaya, dan Cikarang.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #pengusaha #muda #beli #pabrik #hanya #kenakan #sandal #jepit #kaos #oblong #penjual #auto #melongo

KOMENTAR