MIND ID Kebut Proyek Strategis Demi Perkuat Program Hilirisasi
Ilustrasi. Salah satu proyek strategis yang akan memasuki masa commissioning phase adalah pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) pada September 2024 dengan progres penyelesaian sekitar 97%.
07:16
16 Agustus 2024

MIND ID Kebut Proyek Strategis Demi Perkuat Program Hilirisasi

BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) terus mempercepat program hilirisasi yang diamanatkan oleh Negara melalui penyelesaian sejumlah proyek strategis.

Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf mengatakan, program hilirisasi yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa tahun terakhir bertujuan untuk memberikan nilai tambah pada komoditas pertambangan yang dikelola di dalam negeri.

Peningkatan ini secara langsung berdampak pada nilai jual komoditas, memperbesar pendapatan negara hingga menumbuhkan geliat perekonomian nasional. Sebab itu, Grup MIND ID terus konsisten mempercepat penyelesaian proyek hingga Commercial Operation Date (COD) dari setiap proyek strategis. 

“Sebagai perusahaan milik negara, MIND ID terus mendukung pemerintah dengan mempercepat proyek strategis, sehingga program hilirisasi Indonesia semakin kuat dan mampu memberikan dampak dan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran seluruh rakyat Indonesia,” katanya dikutip Jumat (16/8/2024).

Baca Juga: Harvey Moeis Kumpulkan Uang USD 500-USD 750 per Ton dari Perusahaan Smelter untuk Pengamanan Bijih Timah

Salah satu proyek strategis yang akan memasuki masa commissioning phase adalah pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) pada September 2024 dengan progres penyelesaian sekitar 97%.

Smelter milik konsorsium PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) melalui PT Borneo Alumina Indonesia (BAI) di Mempawah, Kalimantan Barat ini diharapkan memasuki tahap COD pada Februari 2025 mendatang.

Dua Anggota MIND ID itu mengucurkan investasi hingga US$830 juta atau setara Rp13,1 triliun untuk proyek SGAR. Nantinya, pabrik pemurnian bijih bauksit ini bisa memproduksi 1 juta ton alumina per tahun. 

Proyek ini diyakini akan memberikan dampak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah sekitar dengan serapan tenaga kerja hingga 1.000 orang.

Di samping itu, Grup MIND ID juga memiliki smelter baru dari Freeport Indonesia yang akan mampu memurnikan konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta ton. PTFI menggelontorkan modal hingga 3,67 miliar dolar AS atau sekitar Rp 58 triliun untuk smelter dengan desain single line terbesar di dunia ini.

Baca Juga: Usai Dikuasai MIND ID, Laba Vale Justru Anjlok 82 Persen

Di luar itu, CATL dan MIND ID juga sudah sepakat menjalin kerja sama joint venture khususnya untuk mulai membangun ekosistem upstream yakni pabrik baterai. MIND ID juga tengah menjalin kerja sama untuk membangun Industrial Park yang diharapkan dpaat menjadi rumah bagi produsen kendaraan listrik di Indonesia.

“Di tahun depan, Grup MIND ID memiliki beberapa program champion yang tentunya dapat membantu kami dalam menjalankan mandat yang diberikan oleh negara. Mulai dari ekspansi smelter aluminium, penambahan conveyor batubara, ekspansi kapasitas tin chemical dan tin soldier, hingga pengembangan timah primer blok 1 dan blok 2,” katanya.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #mind #kebut #proyek #strategis #demi #perkuat #program #hilirisasi

KOMENTAR