Rumah Subsidi Makin Diburu, Permintaan Meningkat Signifikan
Ilustrasi Rumah. Dalam beberapa tahun terakhir, minat masyarakat terhadap rumah subsidi semakin meningkat tajam.
13:06
14 Agustus 2024

Rumah Subsidi Makin Diburu, Permintaan Meningkat Signifikan

Dalam beberapa tahun terakhir, minat masyarakat terhadap rumah subsidi semakin meningkat tajam. Contohnya saja yang dialami oleh satu pengembang properti Vista Land Group dengan proyeknya bernama Gran Harmoni Cibitung.

Gran Harmoni Cibitung merupakan kawasan perumahan yang dirintis sejak 2022 akhir lalu berlokasi di timur Jakarta. Dalam periode kurang dari 2 tahun, lebih dari 400 unit rumah subsidi telah terjual. Berdiri di atas lahan seluas 50 hektare (ha), Gran Harmoni Cibitung menyediakan dua klaster rumah subsidi lewat skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

Kedua klaster rumah subsidi itu ialah Cluster Lunaria sebanyak 200 unit dan Cluster Azalea sebanyak 300 unit bertipe 28/60. Dengan harga mulai Rp185 juta, Cluster Lunaria telah terjual semuanya, sementara Cluster Azalea telah 80% terjual.

Project Manager Gran Harmoni Cibitung Tantri Zetira mengatakan minat masyarakat akan rumah subsidi semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Baca Juga: Cara Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Kering Saat Musim Hujan

"Dalam periode kurang dari 2 tahun, lebih dari 400 unit rumah subsidi telah terjual," kata Tantri dalam keterangannya dikutip Rabu (14/8/2024).

Menurut dia pada proyek Gran Harmoni Cibitung, Vista Land Group menyediakan klaster FLPP dengan fasilitas yang mirip dengan rumah komersil seperti playground di masing-masing klaster, pos keamanan dan jalan utama yang lebar.

"Dalam menyediakan rumah, kami mengedepankan kualitas dan legalitas yang terjamin," ujarnya.

Bahkan kata Tantri, baru-baru ini Gran Harmoni Cibitung meraih penghargaan “Best Choice Subsidized Housing Project di Golden Property Awards The People's Choice 2024”.

"Mayoritas pembeli untuk Cluster Lunaria dan Cluster Azalea berasal dari Bekasi dan Jakarta Timur karena masih dekat ke Kelapa Gading. FLPP di Gran Harmoni Cibitung menarik karena kami menyiapkan untuk rumah komersial, tetapi yang lebih dahulu dibangun ialah yang subsidi," paparnya.

Baca Juga: Produsen Perlengkapan Rumah Tangga Ini Sukses Raih Penghargaan Luxury Sanitary pada Golden Property Award 2024

Informasi saja, Vista Land Group memiliki sejumlah proyek properti yang tersebar di Bogor, Tangerang, Karawang, Bekasi, Serang, dan Semarang. Secara total, Vista Land Group telah mengembangkan lebih dari 630 ha.

Tantri melanjutkan Gran Harmoni Cibitung bakal meluncurkan klaster pertama untuk segmen komersial pada akhir 2024. Untuk klaster anyar ini terdapat 300 unit rumah dengan harga di bawah Rp500 juta. Spesifikasi bangunan dirancang lebih baik lengkap dengan sarana-prasarana pendukung.

"Saat ini kami sedang menyiapkan rumah contoh dan persiapan lainnya. Rencananya akhir tahun ini sudah bisa diluncurkan," paparnya.

Masih pada lokasi yang sama, lanjut Tantri, Vista Land Group juga sedang mengembangkan Klaster Nexus yang jumlahnya terbatas yakni sekitar 50-an unit. Klaster Nexus mengusung konsep tipe rumah usaha atau dirancang untuk lokasi usaha karena berada di sekitar jalan utama.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #rumah #subsidi #makin #diburu #permintaan #meningkat #signifikan

KOMENTAR