Sri Mulyani Bilang Ekonomi Global Sedang Jumpalitan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/(Suara.com/Achmad Fauzi).
17:56
13 Agustus 2024

Sri Mulyani Bilang Ekonomi Global Sedang Jumpalitan

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan saat ini ekonomi global sedang tak baik-baik saja, karena mengalami volatilitas yang sangat tinggi. Kondisi ini diperburuk dengan risiko ketidakpastian, terutama dari timbulnya potensi resesi di Amerika Serikat (AS).

Ekonomi AS terindikasi mengalami pelemahan hingga risiko resesi, ditambah dengan sentimen yang memproyeksikan Bank Sentral AS atau The Fed akan menunda pemangkasan suku bunga acuan.

"Dengan kejadian terbitnya data labor (tenaga kerja) di AS yang kemudian memperkirakan akan terjadi resesi, kemudian reaksi market yang sedemikian volatile-nya mengharapkan tentu dalam hal ini ekspektasinya Fed Fund Rate akan turun dan bahkan ada yang berspekulasi akan ada pertemuan emergency sebelum September. Ternyata belum terjadi, ini menandakan market begitu cepat berubah dari sisi psikologis berdasarkan issuance data yang terjadi dan dampaknya luar biasa besar," kata Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa, di Jakarta, Selasa (13/8/2024).

Saat ini The Fed masih menahan suku bunga acuannya di level 5,25-5,50 persen. Dengan tingkat suku bunga yang masih tinggi beserta tingkat pengangguran AS yang naik tipis menjadi 4,0 persen, Pemerintah AS khawatir akan mengalami hard landing.

Baca Juga: Negara Sudah Kantongi Rp1.045 Triliun dari Pajak

Sri Mulyani menjelaskan, volatilitas perekonomian domestik AS menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global terus berlanjut.

Berdasarkan laporan Departemen Tenaga Kerja AS terakhir, para pemberi kerja AS menambahkan 272.000 pekerjaan pada Mei 2024, lebih tinggi dari yang diperkirakan. Meskipun demikian, tingkat pengangguran naik tipis menjadi 4,0 persen.

"Namun kemarin dengan data yang muncul labor market agak soft mereka khawatir akan terjadi hard landing. Inilah yang terjadi pada Minggu lalu yang menjelaskan volatilitas yang cukup besar dari sisi perekonomian AS yang berpengaruh getarannya ke seluruh dunia," ujar Bendahara Negara itu.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #mulyani #bilang #ekonomi #global #sedang #jumpalitan

KOMENTAR