Pengusaha Ungkap Bank Tak Mau Biayai Proyek Hotel di IKN
Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani (Suara.com/Fadil)
12:14
13 Agustus 2024

Pengusaha Ungkap Bank Tak Mau Biayai Proyek Hotel di IKN

Sejumlah pengusaha mengeluhkan kesulitan dalam mendapatkan pembiayaan dari perbankan untuk proyek pembangunan hotel di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani dalam sebuah konfrensi pers di Jakarta pada Senin (12/8/2024).

"Misalnya hari ini ada seorang investor hotel mau ke sana, itu mayoritas yang tadi bilang harus buka, ya bank belum mau membiayai gitu, loh," kata Hariyadi.

Dia menjelaskan bahwa meskipun potensi pasar di IKN sangat menjanjikan, namun sejumlah bank masih ragu untuk menyalurkan kredit untuk proyek-proyek hotel. Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan bank antara lain ketidakpastian regulasi, risiko politik, dan kondisi ekonomi global yang belum sepenuhnya pulih.

Baca Juga: Gemi Nastiti Selalu Bawa Power Bank Dalam Tas, Ini Bahayanya

Menurut Hariyadi dukungan perbankan bagi pengusaha hotel penting. Pasalnya, sebagian besar dana yang dibutuhkan berasal dari perbankan. Untuk itu, mayoritas pengusaha hotel akan melibatkan perbankan untuk membiayai sebagian dari dana proyek-proyeknya.

"Setelah kami cek semuanya itu mereka juga menyatakan bahwa mereka melihat perkembangan IKN dulu, Walaupun porsinya pihak si investor equity-nya bisa lebih besar, bisa lebih dari 50% modalnya gitu," jelasnya.

Hariyadi menambahkan, pengusaha hotel akan melihat lebih dulu seberapa banyak peluang masyarakat dari luar daerah tersebut datang dan berkunjung. Apabila memang belum melihat peluang, pihaknya belum bisa berinvestasi di daerah tersebut

"Karena ini masalah demand. Lebih kepada tamunya ada apa enggak gitu kan. Mau dikasih relaksasi apapun kalau gak ada tamu, ya percuma," imbuhnya.

Baca Juga: PPAD Tuntaskan Misi Hijaukan IKN, Sumbang Ratusan Ribu Bibit Pohon

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #pengusaha #ungkap #bank #biayai #proyek #hotel

KOMENTAR