Bisnis Sihar Sitorus, Pengusaha Kaya Raya Asal Indonesia Pemilik Klub Belgia
Sihar Sitorus [DPR RI]
10:04
13 Agustus 2024

Bisnis Sihar Sitorus, Pengusaha Kaya Raya Asal Indonesia Pemilik Klub Belgia

Profil politikus PDIP Sihar Sitorus beserta kekayaan dan daftar bisnisnya kembali disorot. Dia merupakan pemilik bisnis klub bola FC Dender yang berlaga di Liga Belgia.

FCV Dender E.H atau FC Dender adalah klub yang berbasis di Denderleeuw, Belgia. Klub ini diketahui milik Sihar Sitorus.

Pemain Timnas Sepak Bola Indonesia Marselino Ferdinan dikabarkan bakal berlabuh ke klub tersebut pada bursa transfer musim ini. Sihar Sitorus diketahui mengakuisisi FC Dender pada 2018 silam.

Meski memiliki bisnis di luar negeri, di Indonesia pria asli Batak ini lebih dikenal sebagai anggota DPR RI Fraksi PDIP. Dia melangkah ke Senayan mewakili daerah pemilihan Sumatera Utara II. Dia mulai menjabat di DPR sejak 2019 silam.

Baca Juga: Pernah Setim di Klub Belgia, Sandy Walsh Tebar Ancaman ke Kapten Tanzania

Kendati baru pertama menduduki jabatan wakil rakyat, Sihar telah malang melintang di kancah politik lokal jauh sebelumnya.

Dia merupakan Ketua Umum Relawan Rakyat Merah Putih untuk Pemilu 2014. Peran tersebut menumbuhkan kepercayaan menjadi juru kampanye nasional bersama 120 tokoh-tokoh PDI Perjuangan. Demikian pula saat Pilpres 2014, Sihar ditunjuk sebagai juru kampanye untuk mendulang suara kemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Badan Pemenangan Pemilu Presiden 2014 Jokowi-JK yang terdaftar di KPU mencatat Sihar menjadi Tim Ahli bersama Sukardi Rinakit, Andreas Pareira, Arie Sumarmo, Arif Budimanta, Ady Prasetyono, Heri Achmadi, Ida Fauziyah, M Prakosa, Muhtosim Arief, Musdah Mulia, Pataniari Siahaan, Rizal Sukma, Syaifullah Mashum, Sakti Wahyu Trenggono, dan Silverius Sonny.

Dalam dunia pendidikan, Sihar pada tahun 2005 memperoleh gelar Doctor of Business Administration dari Manchester Business School - Manchester, Inggris.

Pada tahun 1998 dia lulus S2 dari program Diploma Business dari Strathclyde University, Glasgow. Pada 1993 ia mendapatkan gelar Master of Business Administrastion dari Creighton University, Ohama. Pada tahun 1991 lulus sarjana dengan gelar Bachelor of Science in Businees Administration, University of Arizona - Amerika Serikat.

Baca Juga: Kekayaan Sihar Sitorus, Pemilik FCV Dender yang Dikabarkan Ingin Rekrut Marselino Ferdinan

Kini ia menduduki kursi legislatif dengan latar belakang intelektual doktor (S3) dalam kekhususan ekonomi bisnis keuangan dan akuntansi. Basis pendidikan ini berpadu pula dengan pengalaman profesionalnya selaku CEO di beberapa perusahaan bidang perkebunan, pertanian, dan perdagangan yang terbilang sukses saat ini.

Sebelum menjadi pengusaha dan terjun ke dunia politik, Sihar pernah bekerja di PT Freeport Indonesia pada tahun 1993 hingga 1995. Sihar kemudian melanjutkan kariernya di PT Bursa Efek Jakarta pada 1995 hingga 1997. Selain itu, Sihar juga pernah menjadi tenaga ahli Kementerian Koordinator Kementerian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan di kepemimpinan Puan Maharani.

Sejak 1998 hingga saat ini, Sihar menjabat sebagai Direktur Lembaga Peduli Hutan Indonesia. Sihar juga merupakan Ketua Umum Spiritualitas Danau Toba dan Gunung Sinabung yang ditunjuk langsung oleh denominasi gereja-gereja di Sumatera Utara pada Januari 2019.

Sebagai salah satu tokoh yang berasal dari suku Batak, Sihar juga merupakan Wakil Ketua Umum Parsadaan Sitorus dohot Boruna (Parsibona) Indonesia Raya sejak Oktober 2019 yang merupakan perkumpulan marga Sitorus di seluruh penjuru dunia.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #bisnis #sihar #sitorus #pengusaha #kaya #raya #asal #indonesia #pemilik #klub #belgia

KOMENTAR