Gaet Lebih Banyak Turis Asing, Menhub Budi Berharap Banyak dengan Proyek BMTH
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) saat meninjau Terminal Purpose Wae Kelambu, Pelabuhan Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Rabu (13/10). (BKIP KEMENHUB)
16:16
11 Agustus 2024

Gaet Lebih Banyak Turis Asing, Menhub Budi Berharap Banyak dengan Proyek BMTH

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap pembangunan Bali Maritim Tourism Hub (BMTH) akan berdampak positif serta meningkatkan perekonomian nasional. 

Hal ini disampaikan Menhub saat meninjau progres pembangunan BMTH di kawasan Pelabuhan Benoa, Bali, Sabtu (10/8/2024).

“Saya lihat progres pembangunan BMTH sudah baik dan signifikan. Semoga pembangunan infrastruktur ini dapat berjalan sesuai rencana, segera dapat beroperasi secara optimal, dan pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian, baik secara regional maupun nasional,” ujar Menhub.

Menhub juga meyakini, rampungnya BMTH akan menumbuhkan ekosistem pariwisata di Bali serta meningkatkan kunjungan turis asing dan domestik di Pelabuhan Benoa. Diharapkan kehadiran BMTH telah menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara melalui cruise yang berlayar di perairan Bali.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Persik Kediri vs Bali United di BRI Liga 1: Apa Jadinya Tanpa Spaso? Adu Kuat Pemain Asing

“Pada tahun 2023 lalu, Pelabuhan Benoa berhasil menyandarkan 48 cruise dengan jumlah penumpang lebih dari 77 ribu orang. Dengan pembangunan yang dilakukan saat ini, saya yakin jumlahnya akan makin meningkat,” ungkap Menhub.

Menhub juga menjelaskan, pembangunan BMTH punya dampak yang signifikan terhadap operasional Pelabuhan Benoa. Menurutnya, saat ini beberapa cruise berukuran besar dengan panjang lebih dari 300 meter sudah mulai sandar di pelabuhan ini.

“Diharapkan Pelabuhan Benoa bisa menjadi home port bagi beberapa cruise internasional, seiring telah diselesaikannya pembangunan BMTH,” terang Menhub.

Sebagai informasi, BMTH merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dicanangkan untuk mengembangkan Pelabuhan Benoa agar menjadi hub pariwisata maritim unggulan. 

BMTH akan mengintegrasikan sektor pariwisata, pelabuhan, dan hiburan, guna menciptakan multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi. Selain itu, sebagai wisata bahari di tanah air, BMTH juga terkoneksi dengan jalur pariwisata domestik maupun internasional.

Baca Juga: Head to Head Persik Kediri vs Bali United di BRI Liga 1: Jaga Catatan Manis Laskar Tridatu, Si Macan Putih Pasti Ngotot

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #gaet #lebih #banyak #turis #asing #menhub #budi #berharap #banyak #dengan #proyek #bmth

KOMENTAR