Ekspor RI ke Jepang Bebas Biaya, Ini Daftar Produknya
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan/(Suara.com/Achmad Fauzi).
19:43
8 Agustus 2024

Ekspor RI ke Jepang Bebas Biaya, Ini Daftar Produknya

Pemerintah Indonesia dan Jepang melanjutkan hubungan dagang antar negara. Hal ini setelah, kedua negara menyepakati perpanjangan Indonesia-Jepang Economic Partnership Agreement (IJEPA).

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) mengatakan, dengan adanya kesepakatan itu, para pelaku usaha yang ingin melakukan ekspor tak dikenakan biaya.

Adapun, beberapa komoditas yang dibebaskan bea masuk seperti, ikan tuna, cakalang, lobster, dan kerang. Selain itu, komoditas buah-buahan diantaranya, nanas dan pisang.

"Buah-buahan itu kadang-kadang kita ke Filipina dulu baru ke Jepang, ini sudah selesai, penting sekali. Makanan dan minuman, serta bahan kimia organik," ujarnya di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Baca Juga: Dihantam Gempa, Jepang Sudah Siapkan Dana Jumbo Setara Tiga Kali APBN Indonesia

Menurut Mendag, kesepakatan ini telah lama diperbincangkan oleh kedua negara sejak 2019. Namun, setelah lima tahun lamanya kedua negara  baru sepakat poin-poin yang saling menguntungkan.

"Nah walaupun sederhana tapi ini sesuatu yang bersejarah, 20 tahun, kita selesaikan hari ini, yang alot perjanjiannya tapi sudah selesai pagi ini, baru saja saya teken dengan Menlu Jepang," ucap dia.

Mendag Zulhas merasa optimis dengan adanya kesepakatan ini nilai ekspor bisa meningkat tajam. Dia memproyeksikan, nilai ekspor ke Jepang bisa melonjak 60 persen.

"Proyeksi rata-rata peningkatan ekspor Indonesia ke Jepang pascaimplementasi IJEPA rata-rata 11,6 persen per tahun, tinggi sekali. Ekspor Indonesia ke Jepang diprediksi akan mencapai 36 miliar dolar AS pada tahun 2028, meningkat kira-kira 58-60 persen dari nilai ekspor di 2023," ucap dia.

Untuk diketahui, nilai ekspor RI ke Jepang pada 2023 mencapai 20,8 miliar dolar AS. Angka itu sebenarnya turun dibandingkan tahun 2022 yang mencapai 42 miliar dolar AS.

Baca Juga: Mendag Zulhas: Baju Murah Rp 60 Ribu Dapat Tiga Pasti Barang Impor Ilegal

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #ekspor #jepang #bebas #biaya #daftar #produknya

KOMENTAR