Muhammadiyah Bakal Dapat Lokasi Tambang Batu Bara Terbaik di RI
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. (Suara.com/Novian)
17:09
29 Juli 2024

Muhammadiyah Bakal Dapat Lokasi Tambang Batu Bara Terbaik di RI

PP Muhammadiyah memastikan akan menerima tawaran untuk menerima Izin Usaha Pertambangan (IUP) tambang batu bara.

Menyambut hal ini Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia pun memastikan bahwa ormas islam terbesar ke-2 di Indonesia akan mendapatkan lokasi tambang terbaik di Indonesia.

Saat ini kata Bahlil pemerintah tengah menyiapkan enam lahan tambang bekas Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) sebagai jatah untuk enam ormas keagamaan yang mewakili agama di Indonesia.

"Kita akan memberikan dari eks PKP2B yang paling bagus di luar dari pada KPC," kata Bahlil dalam Konferensi Pers di Jakarta pada Senin (29/7/2024).

Baca Juga: Walhi Sebut Proyek PLTU Jawa Barat Ancam Kehidupan Nelayan, Kerang dan Ikan Menghilang!

Senada Wakil Menteri Investasi Yuliot Tanjung mengatakan hal yang sama.

"Untuk Muhammadiyah ini kita carikan lokasi terbaik. Kandungan mineral yang ada juga kira-kira secara ekonomis bisa mendukung apa yang dimaksudkan oleh pemerintah," jelasnya.

Pemerintah akan melakukan konsolidasi dengan badan geologi terlebih dahulu untuk mengetahui mana saja yang kandungannya paling baik. Setelah itu, baru akan disampaikan datanya ke Muhammadiyah untuk dipilih lahan yang ingin dikelola.

"Dan juga dari Muhammadiyah nanti kami akan sampaikan, jadi ada beberapa alternatif lokasi. Dari alternatif lokasi ini mana yang mereka usulkan untuk dipilih. Kita akan carikan yang terbesar, kira-kira hampir sama dengan yang didapatkan NU," pungkas Yuliot.

Baca Juga: Harga Emas Antam Meroket Lagi di Awal Pekan, Tembus Rp1.402.000/Gram

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #muhammadiyah #bakal #dapat #lokasi #tambang #batu #bara #terbaik

KOMENTAR