Sambangi DPR, DPP Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren Sinergi Program Strategis
DPP Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (HEBITREN) Indonesia mengunjungi Komisi XI DPR RI di Gedung Nusantara I, Senayan.
09:39
23 Juli 2024

Sambangi DPR, DPP Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren Sinergi Program Strategis

DPP Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (HEBITREN) Indonesia mengunjungi Komisi XI DPR RI di Gedung Nusantara I, Senayan. Pada kunjungan tersebut, Ketua Umum DPP HEBITREN DR. KH. M. Hasib Wahab Chasbullah menyampaikan bahwa HEBITREN adalah satu-satunya organisasi pesantren yang fokus pada bidang ekonomi dan bisnis. Saat ini HEBITREN memiliki 31 DPW tingkat provinsi dan 150 DPD tingkat kabupaten/kota.

“DPP HEBITREN Indonesia juga bertugas mendidik dan membina Sumber Daya Insani Pesantren, serta pemberdayaan masyarakat,” ungkap putra pendiri Nahdlatul Ulama, KH Wahab Chasbullah tersebut ditulis Selasa (23/7/2024).

Sementara itu Sekjen DPP HEBITREN GSCB. Reza Fahlipi Bakhtiar, Ph.D, memaparkan 6 program dasar HEBITREN, yaitu HEBITREN Network (ekosistem dan infrastruktur), HEBITREN Academy (pendidikan, pelatihan, pendampingan, dan penelitian), HEBITREN Strong (keanggotaan, struktur, dan perkumpulan bisnis), HEBITREN Digitus (digitalisasi), HEBITREN Empowerment (pemberdayaan koperasi dan lingkungan), serta HEBITREN Business Financing (akselerasi sinergi bisnis dan bank sentral pesantren, salah satunya seperti Wiztren).

Pada kesempatan yang sama, disampaikan kepada Komisi XI DPR RI bahwa harus ada turunan UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren yaitu pasal 49 ayat 2, dan Perpres 82/2021 agar Dana Abadi Pesantren dapat dikelola secara masif dan mandiri untuk kemandirian pesantren bukan sekedar menjadikan pesantren sebagai penerima manfaat. HEBITREN sendiri sedang menyiapkan Dana Abadi Pesantren untuk mewujudkan kemandirian pesantren.

Baca Juga: Katadata SAFE 2024 Bahas Ekonomi Bisnis dari Semua Sektor

"Dana Abadi Pesantren yang diinisiasi oleh HEBITREN bertujuan untuk memperkokoh kemandirian pesantren dan akan mengutamakan prinsip kemandirian, yaitu dari, oleh dan untuk pesantren dan harus dibangun kerangka regulasinya, karena melibatkan berbagai stakeholder agar nyaman, aman dan berdampak" terang Dr. Robert E Sudarwan, Deputi SDI DPP HEBITREN.

Sementara itu, Komisi XI DPR RI menyambut baik hal dan program yang disampaikan DPP HEBITREN. Menurut Dr. H. Musthofa, S.E., MM, Pimpinan Perwakilan Komisi XI DPR RI menyampaikan bahwa HEBITREN, terutama pesantren-pesantren di dalamnya, perlu ditingkatkan baik secara formal maupun informal agar sinergi dan kerjasama yang diharapkan dapat terwujud.

“Komisi XI DPR RI yang salah satunya bermitra dengan Bank Indonesia tentu menyambut baik sinergi ini, kami pasti akan mendukung dan mendampingi program-program HEBITREN, terutama MUNAS I HEBITREN,” ungkap anggota Komisi XI dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #sambangi #himpunan #ekonomi #bisnis #pesantren #sinergi #program #strategis

KOMENTAR