SKK Migas dan Pemprov DKI Jakarta Sabet SAG Award 2024 di Amerika Serikat
SAG Award diberikan oleh Esri kepada organisasi atau lembaga, sebagai apresiasi atas inovasi penerapan sistem informasi geospasial (GIS).
13:07
18 Juli 2024

SKK Migas dan Pemprov DKI Jakarta Sabet SAG Award 2024 di Amerika Serikat

SKK Migas dan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta meraih penghargaan SAG Award (The Esri Special Achievement in GIS) 2024 di San Diego, Amerika Serikat. Penghargaan ini diberikan atas kontribusi mereka dalam membangun sistem informasi geospasial yang terhubung dan terintegrasi, sehingga mendorong kolaborasi dan pertukaran data yang lebih cepat, efektif, dan efisien di institusi masing-masing.

SAG Award diberikan oleh Esri kepada organisasi atau lembaga, sebagai apresiasi atas inovasi penerapan sistem informasi geospasial (GIS). Esri mendukung lebih dari 650.000 organisasi di seluruh dunia dan merupakan pelopor untuk perangkat lunak GIS, kecerdasan lokasi dan pemetaan. Dengan pendekatan geografis untuk memecahkan masalah, Esri menggabungkan sains dan teknologi untuk meningkatkan kesadaran operasional, menemukan alur kerja baru, dan mendukung keberlanjutan.

Sebagai regulator, SKK Migas bertugas melaksanakan pengelolaan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi berdasarkan Kontrak Kerja Sama. Misi mereka termasuk mencapai target produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 juta standar kaki kubik gas per hari pada tahun 2030. Untuk mendukung tujuan ini, SKK Migas mengembangkan sistem informasi geospasial (GIS) sebagai alat pemantauan dan pertukaran data, serta manajemen data hulu migas nasional.

Menurut Adji Arwinda, Analis Senior Manajemen Data Perminyakan SKK Migas, penggunaan teknologi geospasial memungkinkan kolaborasi yang lebih baik antara pemangku kepentingan industri hulu migas, terutama perusahaan Kontrak Kerja Sama (KKKS).

Baca Juga: Ada 128 Cekungan Potensi Migas Indonesia, Setengahnya Peluang Bagi Generasi Muda: Mari Siapkan SDM!

“Pemetaan berbasis web memungkinkan SKK Migas dan KKKS berkolaborasi dan berbagi wawasan dengan tata kelola data yang transparan, berkualitas, dan sesuai dengan standar pelaporan. Penggunaan teknologi GIS akan meningkatkan aktivitas eksplorasi, mendorong investasi, dan pada akhirnya meningkatkan produksi minyak dan gas,” ujar Adji Arwinda, Kamis (18/7/2024) dalam keterangannya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta meraih SAG Award atas pemanfaatan sistem informasi geospasial di situs jakartasatu.jakarta.go.id. Situs ini merupakan sarana komunikasi serta visualisasi peta dan data dari program Jakarta Satu (pengembangan one map, one data, one policy), yang digunakan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dan dapat diakses oleh masyarakat luas.

Heru Hermawanto, Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mengatakan, Jakarta Satu menjadi sumber informasi berbasis geospasial sebagai dasar pengambilan kebijakan. Penggunaan teknologi geospasial mendorong terjadinya tiga perubahan utama, yaitu optimalisasi dan maksimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD), pencegahan kebocoran dan potensi korupsi, serta transformasi kebijakan yang lebih berpihak kepada rakyat.

“Sistem Jakarta Satu memungkinkan para pengambil keputusan di setidaknya 27 lembaga atau kedinasan di lingkungan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta mengimplementasikan kebijakan yang berpusat pada warga, dengan tujuan meningkatkan standar hidup warga,” katanya.

Dia menjelaskan, berdasarkan data yang divisualisasikan melalui sistem ini, para pengambil keputusan dapat memprediksi anggaran dan membuat alokasi keuangan untuk proyek dengan informasi terkini yang tersedia secara realtime. Hal ini mengurangi risiko yang terkait dengan pemrosesan data manual, dan mendorong sistem pengambilan keputusan yang lebih cepat dan terukur.

Baca Juga: Komersialisasi Migas Diprioritaskan untuk Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri

Presiden Direktur Esri Indonesia, Leslie Wong, mengapresiasi SKK Migas dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atas pengembangan pemanfaatan teknologi GIS yang berdampak positif terhadap kinerja dan pelayanan publik.

“Baik SKK Migas maupun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memanfaatkan kekuatan sistem informasi geospasial untuk mengatasi tantangan kompleks, membuat keputusan bisnis yang terinformasi dengan baik, dan menerapkan kebijakan pemerintah yang lebih efisien," ucap Leslie.

Pekan lalu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga meraih penghargaan dari pemerintah pusat pada kegiatan One Map Policy Summit 2024 atas keberhasilannya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui kebijakan satu peta. Penghargaan ini diberikan berkat keberhasilan implementasi geoportal Jakarta Satu yang mendukung tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya melalui sistem berbasis elektronik yang sistematis. 

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #migas #pemprov #jakarta #sabet #award #2024 #amerika #serikat

KOMENTAR