Produk Obat Lokal Tak Kalah dari Impor, Ini Buktinya
Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik biofarmasi pertama di Asia Tenggara, PT. Etana Biotechnologies Indonesia (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
07:30
13 Juli 2024

Produk Obat Lokal Tak Kalah dari Impor, Ini Buktinya

Perusahaan biofarmasi Indonesia, PT Etana Biotechnologies Indonesia (Etana) mengklaim bahwa produk biologi lokal memiliki kualitas tinggi yang mematuhi pedoman Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Quality Leader Etana Rakhmat Budi Yuwono menegaskan bahwa perusahaan selalu berusaha memenuhi persyaratan ketat untuk menghasilkan produk berkualitas serta aman untuk pasien.

“Etana berkomitmen untuk melayani pasien dengan menyediakan produk biologi yang berkualitas tinggi, terjangkau, dan inovatif. Untuk memastikan bahwa obat yang dihasilkan selalu memenuhi persyaratan dan memiliki mutu yang tinggi, serta aman bagi pasien, perusahaan merancang dan menerapkan Sistem Mutu yang komprehensif,” ujar Rakhmat, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/07/2024).

Sistem Mutu tersebut mencakup prinsip CPOB dan Manajemen Risiko Mutu. Evaluasi berkelanjutan dilakukan untuk memastikan efektivitas sistem ini. Hal ini sangat penting agar tujuan penggunaan obat dapat tercapai dengan baik.

Baca Juga: Edukasi dan Informasi Ketersediaan Vaksin Pada Orangtua Dapat Tingkatkan Jangkauan Vaksinasi Anak

“Seluruh kegiatan pembuatan obat harus sesuai dengan Sistem Mutu yang ditetapkan dan harus selalu menjaga kesesuaiannya dengan CPOB dan peraturan yang berlaku,” ujar Rakhmat.

Rakhmat menambahkan bahwa produk yang dihasilkan selalu memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan, bahkan sama atau lebih baik dari produk impor.

“Pemastian kualitas bukan hanya tentang memastikan produk jadi memenuhi standar melalui serangkaian pengujian, tetapi juga tentang membangun kualitas ke dalam produk itu sendiri. Ini mencakup bahan awal, bahan pengemas, proses produksi dan pengendalian kualitas, infrastruktur, peralatan yang digunakan, dan personel yang terlibat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rakhmat mengatakan bahwa Etana juga menghadapi tantangan dalam menjaga kualitas produksi seperti kemajuan teknologi yang cepat, proses manufaktur yang kompleks, kepatuhan dengan aturan yang semakin ketat, integritas data dan keamanan, kesenjangan pengetahuan dan keterampilan serta risiko kualitas. Namun, Etana telah menyiapkan beberapa upaya untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Berbagai upaya seperti meningkatkan keahlian dan pengalaman, fleksibel dan cepat beradaptasi dengan perubahan teknologi, membangun budaya inovasi, meningkatkan kolaborasi dan komunikasi yang efektif, pembelajaran dan pengembangan yang berkelanjutan, memajukan dan mendorong budaya kualitas, manajemen risiko yang proaktif serta mempertahankan dan meningkatkan kepatuhan dan Integritas,” pungkasnya.

Baca Juga: Gandeng Perusahaan Global, Etana Mau Produksi Obat Imunoterapi Kanker yang Murah

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #produk #obat #lokal #kalah #dari #impor #buktinya

KOMENTAR