Profil PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) [Ist]
12:52
10 Juli 2024

Profil PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, yang lebih dikenal dengan nama Alfamart, adalah perusahaan ritel besar di Indonesia. Didirikan pada Desember 1989 oleh Djoko Susanto dan keluarganya, awalnya perusahaan ini bukanlah minimarket seperti yang kita kenal sekarang. Bisnis awalnya adalah distribusi produk rokok Sampoerna. Namun, pada bulan yang sama, mayoritas saham perusahaan ini dijual kepada PT HM Sampoerna Tbk.

Pada tahun 1999, PT Alfa Mitramart Utama didirikan sebagai bagian dari pengembangan usaha ritel Alfa Retailindo. Sebanyak 51% saham perusahaan tersebut dimiliki oleh Alfa Retailindo. Bisnis minimarket pertama mereka, "Alfa Minimart," dibuka di Karawaci, Tangerang pada 18 Oktober 1999. Namun, pada tanggal 27 Juni 2002, PT Sumber Alfaria Trijaya menjual mayoritas sahamnya di Alfa Retailindo kepada PT Sigmantara Alfindo milik Djoko Susanto.

Pada 1 Agustus 2002, Alfa Minimart dipisahkan dari Alfa Retailindo dan menjadi anak usaha langsung dari PT Sumber Alfaria Trijaya. Saat itu, Alfa Minimart sudah memiliki 141 gerai, dan kemudian perusahaan ini beralih fokus dari perdagangan dan distribusi menjadi pengelola gerai-gerai Alfa Minimart. Pada tanggal 1 Januari 2003, semua toko Alfa Minimart berubah nama menjadi Alfamart.

Hingga tahun 2021, Alfamart telah mengoperasikan lebih dari 16.000 gerai di seluruh Indonesia, termasuk 22 gerai di Papua. Tidak hanya itu, Alfamart juga melebarkan sayapnya ke Filipina dengan lebih dari 1.200 gerai.

Baca Juga: Detik-detik Pegawai Alfamart Marah ke Ibu-ibu Pencuri: Gaji Saya Cuma Rp3 Juta, 2 Juta Saya Bayar Barang!

Struktur Manajemen PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk

Perusahaan ini dikelola oleh Dewan Komisaris dan Direksi yang terdiri dari individu-individu berpengalaman. Dewan Komisaris bertugas mengawasi dan memberi nasihat kepada Direksi sesuai dengan Anggaran Dasar perusahaan.

Berikut adalah beberapa tokoh penting dalam jajaran manajemen PT Sumber Alfaria Trijaya:

Feny Djoko Susanto (Presiden Komisaris)

Memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Business Administration dari Ohio State University dan Master of Business Administration dari Cleveland State University.
Pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Alfa Mitramart Utama dan Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk sebelum menjadi Presiden Komisaris.

Baca Juga: Profil Alfamart, Perjalanan Lahirnya Perusahaan Ritel Raksasa dengan Ribuan Gerai

Budiyanto Djoko Susanto (Komisaris)

Meraih gelar Bachelor of Business Administration dan Master of Business Administration dari San Francisco State University.
Memulai karir sebagai analis di Northstar Pacific dan pernah menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.
Imam Santoso Hadiwidjaja (Komisaris Independen)

Memperoleh gelar Bachelor Arts dari Fakultas Hukum Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 Semarang.
Memulai karir sebagai General Affair Manager di PT Bentoel dan pernah menjabat sebagai Komisaris Independen dan Ketua Komite Audit PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

Setyo Wasisto (Komisaris Independen)

Menyelesaikan pendidikan kepolisian dan memperoleh gelar Sarjana Hukum serta Post Graduate Certificate in Criminal Justice & Police Management.
Memiliki pengalaman panjang di Kepolisian Republik Indonesia dan Kementerian Perindustrian.
Budi Setiyadi (Komisaris Independen)

Meraih gelar Sarjana Hukum Pidana dan Magister Ilmu Administrasi.
Memiliki karir yang panjang di Kepolisian dan Kementerian Perhubungan.

Anggara Hans Prawira (Presiden Direktur)

Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Trisakti dan Master of Business Administration dari Monash University.
Memulai karir sebagai Konsultan di Prasetio Utomo & Co., Arthur Andersen.

Bambang Setyawan Djojo (Direktur)

Meraih gelar Sarjana Teknik Elektro dan Sarjana Ekonomi.
Memulai karir sebagai Supervisor di PT HM Sampoerna Tbk dan menjabat sebagai Direktur Teknologi Informasi di PT Alfa Mitramart Utama.

Soeng Peter Suryadi (Direktur)

Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Katolik Atmajaya dan Master of Business Administration dari University of Western Australia.
Memiliki pengalaman di berbagai perusahaan besar seperti Hero Group dan PT Astra International.

Harryanto Susanto (Direktur)

Memperoleh gelar Bachelor of Business Corporate Finance dan Master of Business Administration dari San Francisco State University.
Memulai karir sebagai Direktur PT Primus Pratama dan Chief Operating Officer PT Surya Mustika Nusantara.

Tomin Widian (Direktur)

Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Trisakti.
Memulai karir sebagai Konsultan/Auditor di Ernst & Young/Prasetio Utomo & Co. Arthur Andersen dan menjabat sebagai Vice President Finance dan Accounting di PT Smart Tbk.

Solihin (Direktur)

Meraih gelar Sarjana Hukum dari Sekolah Tinggi Hukum Indonesia dan Magister Hukum dari Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 Jakarta.
Memulai karir sebagai Marketing di Modern Foto Co Film dan Franchise Manager di PT Indomarco Adi Prima / PT Indomarco Prismatama.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #profil #sumber #alfaria #trijaya

KOMENTAR