Jalan Tol IKN Siap Digunakan, Intip Update Terbaru di Sini!
Penampakan dari atas proyek pembangunan IKN. [Ist]
09:33
6 Juli 2024

Jalan Tol IKN Siap Digunakan, Intip Update Terbaru di Sini!

Proyek Jalan Tol  IKN diklaim siap digunakan saat perayaan HUT Kemerdekaan RI di Nusantara, Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara atau IKN.

"Bisa fungsional untuk upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus," ujar Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) Danis Hidayat Sumadilaga di Jakarta, Jumat.

Danis menambahkan bahwa progres pembangunan proyek Jalan Tol Akses IKN tersebut telah mencapai sekitar 90 persen dan telah dilakukan pengaspalan.

"Tol sudah, yang kita fokuskan Tol IKN itu yakni Segmen 3A, 3B, dan 5A. Progresnya sudah bagus dan sudah diaspal," katanya, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Nusantara Airport di IKN Siap Sambut Tamu-Tamu Negara Peringati HUT ke-79 RI

Jalan tol IKN akan mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Sebelumnya, perjalanan lewat Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Lintas Sepaku memakan waktu sekitar 2 jam 15 menit dengan jarak 95 km. Dengan jalan tol IKN, waktu tempuh menjadi hanya sekitar 45 menit dengan jarak 57 km.

Jaringan tol ini menghubungkan Balikpapan dengan KIPP IKN di Penajam Paser Utara, termasuk melalui Tol IKN dan Jembatan Pulau Balang.

Kementerian PUPR menargetkan tahap 1 jalan tol menuju IKN di Kalimantan Timur selesai pada Juli. Pembangunan saat ini mencakup tiga seksi: Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km (48% selesai), Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km (57% selesai), dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km (67% selesai). Ketiga seksi ini diharapkan rampung dan berfungsi pada Juli 2024.

Pengadaan tanah dan konstruksi untuk Seksi 6A Riko-Rencana Outer Ring Road IKN dan Seksi 6B Rencana Outer Ring Road-Simpang 3 ITCI juga telah dimulai, dengan progres masing-masing 4,8% dan 17,5%.

Baca Juga: ASN Jomblo Tak Masalah Hijrah ke IKN: Kalau Itu Sudah Tugas Pasti Siap

Editor: M Nurhadi

Tag:  #jalan #siap #digunakan #intip #update #terbaru #sini

KOMENTAR