Konsep Sister Province: Hubei Jajaki Kerja Sama dengan Kepri
Jajaran Pemprov Kepri menerima kunjungan delegasi dari Provinsi Hubei, Tiongkok di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Kepri, Selasa (2/7/2024) [ANTARA/Ogen]
17:17
2 Juli 2024

Konsep Sister Province: Hubei Jajaki Kerja Sama dengan Kepri

Pada Selasa (2/7/2024), delegasi Provinsi Hubei, Tiongkok bertemu dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri). Kedua belah pihak melakukan penjajakan kerja sama di empat sektor yang meliputi pertanian hingga pariwisata.

Dikutip dari kantor berita Antara, Delegasi Hubei dipimpin Liu Xiaoming, Wakil Direktur Komite Tetap Kongres Rakyat Provinsi Hubei, beserta pejabat tinggi lainnya. Termasuk Wakil Konsul Jenderal Ms. Xu Chunjuan, dan Konsul Atase Mr. Cheng Tong.

"Kami sangat mengapresiasi kunjungan delegasi Provinsi Hubei ke Kepri. Ini adalah langkah awal yang baik untuk membangun hubungan yang lebih erat antara kedua provinsi," jelas Gubernur Ansar di Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Ia sangat menyambut baik rencana kerja sama ini, mendorong untuk dibentuknya kerja sama sister province antara Kepri dan Hubei. Ini akan membuka lebih banyak peluang pertumbuhan ekonomi bagi kedua provinsi ini.

Baca Juga: Indonesia Catat Kunjungan Turis Asing Tertinggi 4 Tahun Terakhir: Durasi Tinggal Lebih dari Sepekan

"Penjajakan kerja sama ini harus segera ditindaklanjuti dengan pertemuan teknis. Kami perlu membahas secara detail potensi kerja sama yang bisa dibangun, terutama di bidang pertanian dan pariwisata," ungkapnya.

Selain pertanian dan pariwisata, delegasi Provinsi Hubei juga menyampaikan keinginan untuk menjalin kerja sama di bidang pendidikan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dipaparkannya Kepri sangat terbuka dengan tawaran kerja sama di bidang pendidikan, seperti program pertukaran pelajar akan sangat bermanfaat bagi pengembangan SDM lokal.

"Semoga delegasi bisa ikut mempromosikan keindahan dan potensi Kepri di Hubei agar banyak warga mereka berwisata kemari," lanjut Gubernur Ansar.

Guntur Sakti, Kepala Dinas Pariwisata Kepri menambahkan delegasi Pemerintah Hubei dan rombongan melakukan kunjungan langsung ke lokasi pertanian, seperti kebun nanas, kawasan pertanian Wacopek dan PT. Bintan Inti Gemilang di Kijang, Kabupaten Bintan.

Baca Juga: Selamat Ulang Tahun Elon Musk: Usia 12 Tahun Sudah Mulai Bisnis Perdana

Selain itu, ke sejumlah objek wisata, antara lain Patung 1.000 dan Vihara Pagoda Sata Sahasra Buddha di Kota Tanjungpinang.

"Mereka melihat langsung potensi dan daya saing di Kepri, baik di bidang pertanian mau pun pariwisata, sehingga di masa mendatang diharapkan terjalin kerja sama saling menguntungkan antara Kepri dan Hubei," tutup Guntur Sakti.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #konsep #sister #province #hubei #jajaki #kerja #sama #dengan #kepri

KOMENTAR