Jangan Sepelekan Jaringan Listrik Rumah, Ini Tips PLN Kalselteng Saat Libur Idul Adha 2024
Perhatikan charger dan peralatan elektronik yang centang perenang [Shutterstock].
15:10
14 Juni 2024

Jangan Sepelekan Jaringan Listrik Rumah, Ini Tips PLN Kalselteng Saat Libur Idul Adha 2024

Pada Senin (17/6/2024) akan berlangsung perayaan Hari Besar Keagamaan Idul Adha. Anggota masyarakat berpotensi melakukan kegiatan bepergian atau meninggalkan rumah. Kondisi listrik di tempat bermukim perlu disorot dan diperhatikan keamanannya.

Dikutip dari kantor berita Antara, saat rumah ditinggalkan, token listrik perlu ditengok terlebih dulu. Untuk mengantisipasi bunyi alarm karena habis, sekaligus antisipasi pelanggan dari pemutusan, perlu dilakukan pengisian token atau bayar tagihan listrik.

"Kami mengingatkan pentingnya mengamankan peralatan kelistrikan dan fasilitas lain di rumah sebelum bepergian dalam kurun waktu yang cukup lama menjelang dan sesudah Idul Adha," imbau Muhammad Joharifin, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng).

"Guna memastikan waktu berkumpul bersama keluarga dapat berjalan tanpa hambatan terhadap jaringan listrik, beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum meninggalkan rumah melalui tips aman. Penting sekali selalu memberikan perhatian terhadap keamanan di lingkungan rumah sebelum bepergian terutama pengamanan peralatan kelistrikan dan fasilitas lain dalam waktu cukup lama," lanjut Muhammad Joharifin.

Baca Juga: Sambut Idul Adha, Nanobank Syariah Salurkan Hewan Qurban ke Laziz Muhammadiyah

Berikut adalah tips dari PT PLN (Persero) UID Kalselteng bagi masyarakat yang hendak meninggalkan rumah saat libur Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024 Masehi:

  • Rapikan rumah sebelum bepergian karena akan sangat membantu saat kembali ke rumah. Selain membuat lebih nyaman, juga menghindarkan rumah dari satwa seperti tikus, semut, sampai nyamuk.
  • Matikan fasilitas listrik yang tidak digunakan, termasuk mencabut steker peralatan listrik yang tidak dipakai, seperti alat masak nasi (rice cooker), dispenser, mesin pompa air dan peralatan listrik lain.
  • Hindari penumpukan steker pada satu titik karena berpotensi menyebabkan korsleting hingga terjadi kebakaran.
  • Menyalakan lampu penerangan untuk menjamin peningkatan keamanan cukup pada beberapa titik lampu penerangan di rumah agar tidak terlihat gelap pada malam hari.
  • Pelanggan bisa menggunakan Aplikasi PLN Mobile untuk transaksi lebih aman.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #jangan #sepelekan #jaringan #listrik #rumah #tips #kalselteng #saat #libur #idul #adha #2024

KOMENTAR