Pengamat Prediksi Cawapres Bahas Ekonomi Berkelanjutan sampai SDM dalam Debat Keempat
Tiga pasangan calon foto bersama usai rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023) Berdiri dari kiri ke kanan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakaning Raka (nomor urut 2), dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3)(TOTOK WIJAYANTO)
15:00
17 Januari 2024

Pengamat Prediksi Cawapres Bahas Ekonomi Berkelanjutan sampai SDM dalam Debat Keempat

- Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera menyelenggarakan debat keempat Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Debat keempat dijadwalkan digelar pada Minggu (21/1/2024) mendatang.

Adapun debat calon wakil presiden (cawapres) ke-2 atau debat keempat akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan sejumlah tema besar yang diangkat yakni energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat dan desa.

Ekonom sekaligus Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah mengatakan, isu besar yang kemungkinan besar akan muncul antara lain adalah ekonomi berkelanjutan.

Ilustrasi pajak karbon atau carbon tax.SHUTTERSTOCK/WITSARUT SAKORN Ilustrasi pajak karbon atau carbon tax.

"Ekonomi berkelanjutan yang dikaitkan dengan bursa dan tax carbon (pajak karbon), " kata dia kepada Kompas.com, Rabu (17/1/12024).

Selain itu ia bilang, tema hilirisasi dan industri baterai dalam kaitannya dengan energi campuran serta lingkungan hidup juga akan menjadi topik penting.

Adapun, pembahasan soal ketahanan pangan (food estate) juga bisa menjadi salah satu bahasan dalam debat mendatang.

"Transisi energi akan menjadi topik bahasan terkait bauran energi," imbuh dia.

Piter menuturkan, pajak dan bursa karbon juga akan banyak dibahas dalam debat keempat yang akan diikuti oleh tiga calon wakil presiden tersebut.

"Paslon nomor urut 2 kemungkinan akan memunculkannya sebagai salah satu capaian Pak Jokowi yang sudah meluncurkan bursa karbon tahun lalu," terang dia.

Ilustrasi pekerja, tenaga kerja. SHUTTERSTOCK/ROBERT KNESCHKE Ilustrasi pekerja, tenaga kerja.

Tak hanya itu, topik sumber daya manusia (SDM) akan dibahas sebagai aspek utama yang menentukan dalam semua isu.

"Keberhasilan program akan sangat ditentukan oleh kualitas SDM," ujar dia.

Sebagai informasi, debat keempat akan kembali mempertemukan calon wakil presiden (cawapres).

Dengan demikian, tiga cawapres yang bakal tampil adu gagasan yakni cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Editor: Agustinus Rangga Respati

Tag:  #pengamat #prediksi #cawapres #bahas #ekonomi #berkelanjutan #sampai #dalam #debat #keempat

KOMENTAR