Scoot Bakal Punya Rute ke Jabar, Kesempatan Gaul ke Singapura Makin Lebar
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat [Bandara Kertajati].
17:28
3 Mei 2024

Scoot Bakal Punya Rute ke Jabar, Kesempatan Gaul ke Singapura Makin Lebar

Sejak beroperasi penuh mulai 29 Oktober 2023, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat telah melayani sejumlah rute penerbangan. Baik domestik mau pun internasional.

Dikutip dari kantor berita Antara, untuk penerbangan domestik, terdapat tujuh rute. Yaitu Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, serta Palembang.

Sedangkan operator untuk destinasi domestik adalah maskapai penerbangan Citilink, AirAsia, dan Super Air Jet.

Kemudian rute penerbangan internasional dengan tujuan Kuala Lumpur, Malaysia telah beroperasi mulai paruh Mei 2023.

Selain itu, Bandara Kertajati juga tetap melayani penerbangan umrah dan haji.

Kekinian, Bandara Kertajati akan menambah rute internasionalnya. Yaitu untuk tujuan Singapura.

Bey Triadi Machmudin, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat menyatakan bahwa penerbangan dari Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati ke Singapura bakal dibuka mulai September 2024.

"Tujuan ke Singapura dengan periode berangkat sepekan dua kali," jelas Bey Triadi Machmudin di BIJB Kertajati, Majalengka, Jabar, Jumat (3/5/2024).

Ada pun maskapai yang akan mengisi rute penerbangan ini adalah Scoot.

Sebagai catatan, Scoot adalah maskapai penerbangan budget kondang asal Negeri Singa yang memiliki rute reguler ke Jakarta, beberapa kota di Filipina dan India, sampai Tiongkok, Taiwan, Jepang, Yunani, serta Jerman.

Saat ini, pihak pengelola Bandara Kertajati tengah mengupayakan adanya rute menuju Surabaya yang disebut banyak peminatnya. Salah satu buktinya adalah anggota masyarakat dari Jawa Barat banyak menanyakan rute Kertajati-Surabaya.

"Kami ingin menambah penerbangan ke Surabaya, banyak peminatnya. Akan tetapi masih menunggu maskapai ke Surabaya, menunggu ketersediaan pesawatnya," lanjut Bey Triadi Machmudin.

Minat lainnya adalah rute ke Pekanbaru, mengingat saat ini harus transit di luar negeri, yaitu Malaysia.

"Ada warga Jabar kerja di sana, mereka terbang ke Malaysia dulu baru ke Pekanbaru tapi lebih lama," urainya.

Bagi para pejalan atau traveller sampai pebisnis, tersedianya rute Kertajati-Singapura tentu memiliki daya tarik tersendiri. Selain tidak perlu berangkat dari kota-kota lain di Indonesia yang memiliki jalur penerbangan ke Singapura, dengan berangkat dari Majalengka maka jarak dan biaya bisa dipangkas. Ujungnya terasa semakin ekonomis.

Beberapa kegiatan pembelanjaan konsumen yang bisa dilangsungkan saat  berada di Singapura adalah wisata medis, menonton konser musik, wisata kuliner, wisata satwa, sampai wisata belanja.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #scoot #bakal #punya #rute #jabar #kesempatan #gaul #singapura #makin #lebar

KOMENTAR