Profil ABN AMRO Bank, Tempat Kerja Ibu Rafael Struick di Belanda: Perbankan Raksasa
Pemain Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick saat pertandingan melawan Yordania di laga pamungkas Grup A Piala Asia U-23 2024 (Dok. PSSI).
14:35
24 April 2024

Profil ABN AMRO Bank, Tempat Kerja Ibu Rafael Struick di Belanda: Perbankan Raksasa

Pekerjaan orang tua punggawa Timnas U-23 Rafael Struick tengah jadi sorotan, pasalnya ibu Rafael punya pekerjaan yang cukup mentereng di salah satu perbankan raksasa Belanda.

Noraly Soedito nama dari ibu kandung Rafael Struick diketahui menjabat sebagai Head of Financial Recovery and Oversight di ABN AMRO Bank N.V., salah satu jabatan tinggi di bank itu.

Lantas perusahaan apakah ABN AMRO Bank N.V tersebut?

Mengutip laman perusahaan, Rabu (24/4/2024) ABN AMRO Bank N.V. merupakan bank terbesar ketiga di Belanda, dengan kantor pusatnya berada di Amsterdam.

Sejarah bank ini dimulai pada tahun 1991, hasil dari merger dua bank terdahulu: Algemene Bank Nederland (ABN) dan Amsterdamsche en Rotterdamsche Bank (AMRO Bank). Nama ABN AMRO sendiri merupakan gabungan dari kedua bank tersebut.

Meski saat ini menjadi salah satu pemain utama, tahukah Anda bahwa dulunya ABN AMRO Bank N.V. pernah menjadi bagian dari kepemilikan pemerintah Belanda? Ya, pada tanggal 1 April 2010, bank ini dialihkan menjadi kepemilikan penuh oleh pemerintah melalui sebuah perusahaan induk baru bernama ABN AMRO Group NV.

Menariknya, ABN AMRO Group NV saat itu juga menjadi pemegang saham pemerintah Belanda di Fortis Bank (Nederland) NV.

Bergerak di era digital, ABN AMRO Bank N.V. kini terus berupaya untuk bertransformasi menjadi bank yang lebih baik. Fokus mereka tak hanya sekedar menyediakan layanan perbankan, namun juga turut mendorong keberlangsungan hidup berkelanjutan [sustainability] serta memperhatikan keberagaman dan inklusi [diversity & inclusion] di dalam perusahaan.

Berdasarkan laporan keuangan ABN AMRO Bank, sepanjang tahun 2023 berhasil mengantongi laba bersih sebesar EUR 2,7 miliar atau setara Rp46,4 triliun (Kurs Rp17.200) dan laba atas ekuitas sebesar 12,2% dimana semua unit bisnis memberikan hasil yang lebih baik.

Sedangkan pendapatan bunga bersih pada Q4 tetap kuat dan meningkat menjadi EUR 6,3 miliar pada tahun 2023. Pendapatan bunga bersih pada tahun 2024 diperkirakan akan sejalan dengan tahun 2023.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #profil #amro #bank #tempat #kerja #rafael #struick #belanda #perbankan #raksasa

KOMENTAR