Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Segera Digarap China Lagi, Luhut Mau Bentuk Tim
Kereta cepat Whoosh. [BRI]
12:52
22 April 2024

Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Segera Digarap China Lagi, Luhut Mau Bentuk Tim

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya sepertinya akan segera digarap, setelah pertemuan Menteri Koorditor Bidang Kemaritiman dan Investasi dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam Dialog Tingkat Tinggi dan Mekanisme Kerja Sama keempat Indonesia-China (HDCM) di Labuan Bajo, pada Jumat 19 April yang lalu.

Hasil pertemuan itu, kerja sama pembangunan kereta cepat akan berlanjut dengan China yang akan membentang dari Jakarta-Surabaya.

"Jadi soal Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang terus mengalami jumlah peningkatan penumpang sejak peluncurannya, sampai pada puncak arus mudik lebaran lalu. Ini sekaligus menjadi bukti bahwa proyek ini selayaknya dapat dilanjutkan sampai ke Surabaya," ujar Luhut seperti dikutip dari Instagram resminya, @luhut.pandjaitan, Senin (22/4/2024).

Untuk mengakomodir rencana pembangunan itu, Luhut dengan pemerintah China akan membuat gugus tugas atau Task Force untuk menindaklanjuti kerja sama tersebut.

"Kereta Api Cepat Jakarta Surabaya kita sepakat segera bentuk tim," kata Luhut.

Sebelumnya, Mantan Menkopolhukam itu menyebut Presiden Joko Widodo juga telah mengambil keputusan tegas dan berkomitmen bersama China untuk meneruskan proyek tersebut.

Bahkan, Jokowi disebut sudah menyepakati perjanjian dengan China. Luhut menekankan, bunga pinjaman yang ditawarkan oleh pihak China tergolong sangat bersaing, bahkan jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan penawaran dari negara lain.

"Pak Jokowi mau kereta cepat Jakarta-Surabaya diterusin. Tadi saya dengar perjanjian dengan China sudah jalan, malah bunganya lebih murah daripada yang ditawarkan negara lain," kata Luhut melalui akun media sosial miliknya.

Terlebih, teknologi kereta cepat yang telah diterapkan di Indonesia diklaim sangat memuaskan. Contohnya adalah kereta cepat Jakarta-Bandung yang telah memulai operasinya beberapa waktu yang lalu.

"Dengan pengalaman yang kami miliki, kami tidak mengalami masalah lagi," ungkap Luhut.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #kereta #cepat #jakarta #surabaya #segera #digarap #china #lagi #luhut #bentuk

KOMENTAR