Najeela Shihab Bagikan Tips Bijak Mengelola THR Lebaran Anak
Ilustrasi dapat THR (Pixabay/EmAji)
08:58
18 April 2024

Najeela Shihab Bagikan Tips Bijak Mengelola THR Lebaran Anak

Bagi-bagi tunjangan hari raya (THR) jadi momen yang dinanti anak-anak saat lebaran. Selain menyenangkan untuk anak, momen ini bisa pula dimanfaatkan orang tua untuk memberi edukasi kepada anak cara mengelola keuangan yang bijak.

Pendidik sekaligus Pendiri Sekolah Cikal, Najeela Shihab, mengatakan bahwa sejatinya tidak ada aturan pasti cara orang tua mengelola THR lebaran yang diterima anak. Namun sebaiknya, pengelolaan tersebut dilakukan atas kesepakatan bersama antara orang tua dengan anak.

“Saat anak mendapat uang lebaran, anak bisa membeli apa saja yang dia mau tanpa rencana, bahkan hal yang sebetulnya tidak disetujui orang tua karena seolah-olah ini ‘uangnya anak’ sehingga kehilangan teachable moment,” ujar Najeela dikutip dari akun Instagram @najeelashihab.

Adapun Najeela turut membagikan lima tips mengelola THR lebaran anak agar uang dapat digunakan secara bermanfaat.

1. Digunakan untuk donasi

Kebiasaan memberikan donasi dapat ditumbuhkan saat anak mendapat THR lebaran. Anak dapat belajar untuk peduli dengan sesama terutama kepada yang lebih membutuhkan.

Orang tua dapat mencari yayasan yang relevan untuk anak-anak melakukan donasi sesuai dengan budget yang mereka miliki.

2. Membayar keperluan penting anak

Keperluan penting anak bisa dibayar menggunakan THR lebaran mereka. Misal, anak sangat ingin ikut suatu ekstrakurikuler yang sesuai hobi namun belum ada anggaran, bisa gunakan THR lebaran untuk membayarnya.

Bisa pula THR lebaran dipakai untuk keperluan menambah premi asuransi kesehatan anak. Terpenting, orang tua mendiskusikan kebutuhan tersebut bersama sang anak sehingga dapat tahu keperluan mana yang ingin diprioritaskan.

3. Membeli hadiah untuk keluarga

THR lebaran bisa dipakai membeli hadiah untuk menunjukkan rasa cinta anak kepada kakek, nenek, pakde, bude, atau sepupu mereka. Najeela mengatakan kebiasaan ini dapat menumbuhkan sifat murah hati kepada anak.

4. Menambah uang jajan anak

THR lebaran juga dapat digunakan untuk uang jajan tambahan anak sepanjang tahun. Apabila anak terbiasa diberikan uang jajan harian, mingguan, atau bulanan, maka bisa ada tambahan tertentu.

5. Mendirikan bisnis bersama teman

Anak-anak, terutama yang sudah berusia remaja, bisa membangun bisnis kecil-kecilan bersama teman-temannya memakai THR lebaran. Ide ini dapat menumbuhkan minat berwirausaha serta membiasakan anak ngobrol tentang keuangan bersama teman-temannya.

Ragam tips ini dapat diterapkan agar momen bagi-bagi THR lebaran tak sekadar mengambil uang anak atau memperbolehkan anak menggunakan uangnya, tetapi turut menumbuhkan nila-nilai penting untuk peduli serta pandai dalam mengelola keuangan.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #najeela #shihab #bagikan #tips #bijak #mengelola #lebaran #anak

KOMENTAR