PT KAI Daop 3 Cirebon Layani Arus Balik Lebaran 2024, Jumlah Tertinggi Mulai Hari Ini
Stasiun Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat. Sebagai ilustrasi [Antara/Dedhez Anggara]
07:54
13 April 2024

PT KAI Daop 3 Cirebon Layani Arus Balik Lebaran 2024, Jumlah Tertinggi Mulai Hari Ini

Kereta Api (KA) sebagai salah satu sarana transportasi Angkutan Lebaran (Angleb) sudah mulai mengantar penumpang untuk Balik Lebaran 2024.

Dikutip dari kantor berita Antara, Rokhmad Makin Zainul, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat menyatakan keberangkatan penumpang arus balik tengah berlangsung.

Memasuki masa arus balik, penumpang yang memakai moda transportasi kereta api dari stasiun di Daop 3 Cirebon jumlahnya diperkirakan bisa mencapai 10 ribu orang per hari.

Berdasarkan data, lonjakan tertinggi keberangkatan penumpang selama masa arus balik itu akan terjadi esok, Sabtu sampai Minggu (13-14/2024).

“Menurut data sementara yang ada, keberangkatan penumpang arus balik yang tertinggi mulai terjadi hari ini,” jelas Rokhmad Makin Zainul saat dikonfirmasi di Cirebon, Jumat (12/4/2024).

Dikatakannya, pergerakan penumpang dapat bertambah hingga malam nanti, karena banyak warga yang memutuskan kembali ke daerah asal sebelum libur Lebaran berakhir pada Senin (15/4/2024).

KAI Daop 3 Cirebon mencatat sebanyak 9.882 penumpang telah berangkat dari semua stasiun di wilayahnya saat arus balik pada H+2 Lebaran 2024.

“Sedangkan secara total dari 31 Maret hingga 12 April 2024, penumpang yang melakukan perjalanan menggunakan transportasi KA dari wilayah Daop 3 Cirebon tercatat sebanyak 67.176 orang,” kata Rokhmad Makin Zainul.

Bagi pemudik yang akan melakukan perjalanan dari Daop 3 Cirebon bisa segera memesan tiket KA. Sebab jumlah kursi masih tersedia cukup banyak.

Sampai saat ini, total penjualan tiket KA di wilayah yang dinaungi Daop 3 Cirebon sudah mencapai 115.674 tiket. Dengan perincian lima stasiun yang terbanyak memberangkatkan penumpang adalah Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Brebes, Jatibarang dan Haurgeulis.

“Pembelian tiket cukup mudah bisa melalui aplikasi Access by KAI, web KAI, serta berbagai saluran resmi penjualan tiket KAI lainnya,” imbau Rokhmad Makin Zainul.

Ia menambahkan selama masa angkutan Lebaran 2024, terdapat 119 perjalanan KA reguler serta 32 perjalanan KA tambahan yang melintasi wilayah Daop 3 Cirebon.

“Kami pastikan memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang, khususnya mereka yang melakukan perjalanan arus balik,” pungkasnya.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #daop #cirebon #layani #arus #balik #lebaran #2024 #jumlah #tertinggi #mulai #hari

KOMENTAR