Mudik Lebaran 2024: Mobilitas Jalan Tol Trans Sumatera Terus Tinggi Jelang H-1
Tol Trans Sumatera di Lampung. Sebagai ilustrasi Mudik Lebaran 2024 [ANTARA]
17:32
9 April 2024

Mudik Lebaran 2024: Mobilitas Jalan Tol Trans Sumatera Terus Tinggi Jelang H-1

Dalam momentum Mudik Lebaran 2024, para pemudik bergerak lintas kota serta lintas pulau untuk merayakan kebersamaan dengan keluarga. 

Di bagian barat Kepulauan Nusantara, setelah Pulau Jawa, pergerakan masif juga terjadi di Sumatera. Menggunakan moda transportasi darat ditambah kapal feri dari Jawa, sampai mendekati Lebaran esok atau H-1, mobilitas di Jalan Tol Trans Sumatera atau JTTS terus terjadi.

PT Hutama Karya (Persero) yang mengoperasikan JTTS mengimbau pengguna jalan tol agar selalu mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi, serta mengisi kartu pembayaran tol atau e-Toll sehingga mengurangi potensi terjadinya kemacetan.

Kondisi kartu pun mesti baik sehingga bisa dibaca oleh perangkat digital.

Kemudian pengemudi mesti dalam kondisi prima. Tidak mengemudi dalam keadaan mengantuk, agar menepi dan beristirahat apabila mengantuk.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi Hutama Karya, disebutkan masih terjadi lonjakan trafik di JTTS.

"PT Hutama Karya (Persero) mencatat Volume Lalu (VLL) yang melintasi JTTS pada periode 6-9 April 2024 total mencapai 415.451 kendaraan, menunjukkan peningkatan signifikan sekitar 52 persen dari VLL normal," jelas Adjib Al Hakim, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

Peningkatan ini menunjukkan mobilitas dan kegiatan perjalanan yang masih tinggi selama arus Mudik Lebaran di JTTS.

Angka tadi adalah akumulasi dari kendaraan yang melintasi Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung (Terpeka) sebanyak 97.689 kendaraan atau meningkat 87 persen dari VLL normal.

Kemudian kendaraan yang melintasi Tol Palembang - Prabumulih (Palindra & Inprabu) sebanyak 75.580 Kendaraan atau meningkat 59 persen dari VLL normal.

Kendaraan yang melintasi Tol Bengkulu - Taba Penanjung (Bengtaba) sebanyak 6.377 kendaraan atau meningkat 10 persen dari VLL normal.

Sedangkan kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru - Bangkinang (Pekbang) sebanyak 29.602 kendaraan atau meningkat 37 persen dari VLL normal.

Ada pun kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru - Dumai (Permai) sebanyak 80.931 kendaraan atau meningkat 29 persen dari VLL normal.

Kendaraan yang melintasi Tol Indrapura - Lima Puluh (Inkis) sebanyak 52.922 kendaraan atau lebih tinggi 67 persen dari VLL normal.

Kendaraan yang melintasi Tol Binjai – Tanjung Pura (Binsa) tercatat 56.164 kendaraan atau meningkat 22 persen dari VLL normal.

Kendaraan yang melintasi Tol Sigli - Banda Aceh (Seulimeum - Baitussalam) (Sibanceh) tercatat 16.186 kendaraan atau meningkat 26 persen dari VLL normal

Di samping itu terdapat VLL ruas tol fungsional tambahan selama arus Mudik Lebaran, yaitu di Tol Bangkinang - XIII Koto Kampar periode 5-9 April 2024 sebanyak total 10.872 kendaraan.

Tol Indrapura – Kisaran Seksi Lima Puluh – Kisaran selama periode 4–9 April 2024 sebanyak 24.498 kendaraan.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #mudik #lebaran #2024 #mobilitas #jalan #trans #sumatera #terus #tinggi #jelang

KOMENTAR