Bebas Was-was Pakai Mobil Listrik Mudik Lebaran 2024, PLN Sebutkan Alasan Ini
SPKLU PLN [Antara]
20:24
4 April 2024

Bebas Was-was Pakai Mobil Listrik Mudik Lebaran 2024, PLN Sebutkan Alasan Ini

Dalam Mudik Lebaran 2024, PT PLN (Persero) UID Jabar menambah lebih dari 50 unit baru Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berlokasi di rest area sepanjang Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Purbaleunyi, dan Jalan Tol Cipali Kanci.

Kemudian, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Karawang pada Rabu (3/4/2024) meresmikan SPKLU di tiga rest area Tol Jakarta-Cikampek. Masing-masing di Rest Area Km 57 A, Rest Area Km 62B, dan Rest Area Km 42B.

Dikutip dari kantor berita Antara, PT PLN UP3 Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar), memastikan bahwa anggota masyarakat yang mudik menggunakan kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) bakal aman, karena ketersediaan sumber recharging atau pengisian ulang kini sudah semakin banyak.

Imam Ahmadi, Manajer PLN UP3 Karawang menyatakan ketersediaan SPKLU cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan pengisian ulang mobil listrik atau EV yang kuantitasnya semakin banyak selama Mudik Lebaran 2024.

"Kami memastikan masyarakat yang mudik menggunakan kendaraan listrik akan merasa aman karena ketersediaan SPKLU yang semakin banyak. Bahkan kami juga menyediakan SPKLU khusus pengendara motor listrik di seluruh unit Kantor PLN UP3 Karawang," jelas Imam Ahmadi.


Ia menambahkan bahwa dengan penambahan SPKLU tadi, total Karawang memiliki 16 unit SPKLU yang tersebar di delapan lokasi. Yaitu:

  • empat unit Rest Area Km 57A Jalan Tol Jakarta-Cikampek
  • empat unit di Rest Area 62B Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Juga tersedia SPKLU di:

  • Di dalam Rest Area Km 42 B Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebanyak tiga unit
  • Di luar Rest Area Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebanyak lima unit.


Lima unit SPKLU di luar Jalan Tol Jakarta-Cikampek berada di:

  • SPKLU Kantor PLN UP3 Karawang dan ULP Karawang Kota
  • SPKLU ULP Cikampek
  • SPKLU Kawasan Grand Taruma
  • SPKLU Resinda Park Mall.

Selain membuat para pengguna mobil listrik tidak was-was karena ketersediaan SPKLU, langkah penyediaan adalah upaya PLN UP3 Karawang untuk meningkatkan ekosistem kendaraan listrik dalam mendukung program pemerintah menuju Net Zero Emission atau NZE 2060.

"Kami telah bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memastikan ketersediaan infrastruktur yang memadai guna mendukung pertumbuhan kendaraan listrik di Karawang. Stasiun pengisian ini dilengkapi dengan fasilitas modern dan sistem keamanan yang terjamin," imbuh Imam Ahmadi.

Kepala Dinas Perhubungan Karawang, Agus Kurnia menyambut baik upaya PLN dalam menambahkan SPKLU di wilayahnya. Diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan PLN agar bisa melaksanakan mudik dengan aman dan nyaman.

Pihaknya juga mengapresiasi PLN UP3 Karawang, karena memberikan fasilitas SPKLU terbanyak di Jabar dengan jumlah total 16 unit yang tersebar di tiga rest area dan lokasi perkotaan.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #bebas #pakai #mobil #listrik #mudik #lebaran #2024 #sebutkan #alasan

KOMENTAR