Emiten TRON Garap Proyek Smart Terminal di Sumut
Ilustrasi. PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TRON) atau PT TKDN Tbk mengumumkan kerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatra Utara (Sumut) untuk mewujudkan smart terminal.
17:30
2 April 2024

Emiten TRON Garap Proyek Smart Terminal di Sumut

PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TRON) atau PT TKDN Tbk mengumumkan kerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatra Utara (Sumut) untuk mewujudkan smart terminal yang didukung dengan sistem monitoring melalui smart command center untuk mendukung operasional terminal tipe B di wilayah Sumatra Utara .

“Kerja sama ini akan menghadirkan digitalisasi sistem pengawasan operasional terminal yang terintegrasi untuk mengoptimalkan pelayanan dan pengelolaan terminal tipe B di Sumatra Utara, serta membangun smart command center untuk me-monitor dan mengetahui secara real time kinerja terminal tipe B di wilayah tersebut,” kata Direktur Utama PT TKDN Tbk, David Santoso dalam keterangan resmi, Selasa (2/4/2024).

Adapun penerapan smart terminal ini, termasuk sistem manajemen pengawasan antrean kendaraan, di mana mengawasi antrean kendaraan serta menghitung jumlah kendaraan keluar dan masuk area terminal.

Lalu, sistem informasi dan monitoring, yang memberikan informasi real-time tentang kondisi terminal.

Sistem keamanan dan pengawasan, untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang dengan CCTV dan sistem keamanan lainnya. Dan, smart command center untuk Dishub Sumatera Utara .

PT TKDN Tbk juga akan membangun smart command center untuk Dishub Sumatra Utara yang akan berfungsi sebagai pusat kendali dan monitoring seluruh sistem transportasi di area terminal. Command Center ini akan dilengkapi dengan sistem integrasi data, sistem analitik, dashboard executive, dan juga kerja sama strategis untuk meningkatkan pelayanan dan efisiensi prasarana transportasi.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatra Utara, Agustinus Panjaitan mengatakan, kerja sama dengan PT TKDN Tbk ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan pelayanan dan efisiensi pengelolaan terminal dan sistem transportasi di Sumatra Utara.

“Ke depan kami akan mengembangkan sistem monitoring melalui smart command center untuk me-monitor kondisi prasarana transportasi, termasuk mobilitas pegerakan kendaraan yang masuk/keluar dari wilayah Sumatra Utara. Kami yakin teknologi yang dihadirkan PT TKDN Tbk akan membantu kami dalam mewujudkan smart city di Sumatra Utara dan digitalisasi dalam sektor transportasi sudah menjadi suatu kebutuhan untuk memberikan layanan transportasi yang lebih berkualitas,” ungkapnya.

Tahap awal, smart terminal dan smart command center akan diimplementasikan di 3 terminal, yaitu Terminal Kabanjahe di Kabupaten Karo, Terminal Lubuk Pakam di Kabupaten Deli Serdang, dan Terminal Pasar X Tanjung Beringin di Kabupaten Langkat.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #emiten #tron #garap #proyek #smart #terminal #sumut

KOMENTAR