4 SPBU Keciduk Oplos Pertamax, Pertamina Terus Sisir SPBU yang Bandel Jelang Mudik
Pengendara mengisi BBM di sebuah SPBU di Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]
09:21
2 April 2024

4 SPBU Keciduk Oplos Pertamax, Pertamina Terus Sisir SPBU yang Bandel Jelang Mudik

PT Pertamina (Persero) menemukan adanya SPBU yang bandel dengan mengoplos BBM Jenis RON 92 atau Pertamax. Setidaknya, hasil pemantauan dengan Bareskrim Polro terdapat empat SPBU yang kedapatan oplos Pertamax. .

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyebut, kekinian petugas terus berkeliling ke SPBU untuk memastikan kualitas BBM agar tidak terulang kejadian ini.

"Kami memastikan melakukan pengecekan ke SPBU-SPBU untuk memastikan bahwa BBM itu tepat secara kuantitas dengan pengecekan bekerjasama dengan Dinas Metrologi," ujarnya di Jakarta yang dikutip Selasa (2/4/2024).

Adapun, para auditor independen serta pihak Pertamina akan mengecek secara acak kualitas BBM di SPBU seluruh Indonesia. Pengecekan yang dilakukan mulai dari memastikan takaran BBM sesuai dengan nozzle hingga mengambil sampel untuk mengecek kualitas BBM.

"Dan setiap pagi, kami memintas setiap SPBU untuk mengambil sampel dari setiap dispenser untuk memastikan kualitas itu tepat sesuai dengan spesifikasi untuk disalurkan pada konsumen," ucap dia.

Sebagai informasi, Pertamina menutup sementara empat SPBU yang tersebar di Jakarta, Depok, dan Tangerang. Penutupan ini imbas Bareskrim Polri yang menciduk SPBU itu mengoplos Pertamax

Secara rinci, SPBU itu berlokasi di SPBU 34.151.42 Jalan H.O.S. Cokroaminoto, di Karang Tengah dan SPBU 34.151.39 di Jalan KH. Hasyim Ashari, Pinang, keduanya di Kota Tangerang, Banten.

Rinciannya, SPBU 34.151.42 yang berlokasi di Jalan H.O.S. Cokroaminoto, di Karang Tengah dan SPBU 34.151.39 di Jalan KH. Hasyim Ashari, Pinang, keduanya di Kota Tangerang, Banten.

Dua lainnya, berlokasi di SPBU 34.115.09 di Jalan Arteri Kelapa Dua Raya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dan SPBU 34.169.24 di Jalan Raya Bogor, Cimanggis, Kota Depok.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #spbu #keciduk #oplos #pertamax #pertamina #terus #sisir #spbu #yang #bandel #jelang #mudik

KOMENTAR