Menko Luhut: BYD Groundbreaking Pabrik di RI Juli 2024, Target Operasi Tahun 2026
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan kenaikan pajak motor bensin atau berbahan bakar minyak (BBM) baru bersifat wacana. (Nurul Fitriana/JawaPos.com)
17:27
20 Maret 2024

Menko Luhut: BYD Groundbreaking Pabrik di RI Juli 2024, Target Operasi Tahun 2026

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa perusahaan mobil listrikasal Tiongkok, BYD akan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pabrik di Indonesia pada Juli 2024 mendatang.   “BYD akan masuk, nah itu juga groundbreaking di bulan Juli juga semua itu,” ungkap Luhut dalam video yang diunggah dalam akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan, seperti dikutip Rabu (20/3).   Luhut mengatakan, rencana investasi pembangunan pabrik mobil listrik ini merupakan hasil dari pertemuan Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Septian Hario Seto dengan pihak BYD di Shenzhen, Tiongkok, beberapa waktu lalu.  

  Adapun, BYD menargetkan pabrik mobil listik tersebut bisa beroperasi secara komersial pada awal 2026 mendatang. “Sebelum pulang ke tanah air, Deputi saya sempat mengunjungi Shenzhen untuk bertemu BYD guna memfinalisasi investasi pabrik mereka,” kata Luhut.   Terkait hal itu, Luhut menilai pentingnya pembangunan ekosistem kendaraan listrik, salah satunya charger mobil listrik. Ia meminta seluruh kementerian dan lembaga untuk memasang sarana pengisian kendaraan listrik di seluruh Indonesia.  

  “Dengan demikian, nanti Lebaran kita pastikan kalau orang naik mobil atau motor dari sini sampai ke Surabaya, dia ada charger station di dalam perjalanan,” jelas Luhut.   Selain itu, Luhut juga mendorong masyarakat untuk memiliki kendaraan listrik. Terlebih, saat ini pemerintah telah menyiapkan berbagai insentif pembelian kendaraan listik, baik mobil maupun motor listrik.   “Kita akan dorong supaya rakyat kita sebanyak mungkin pakai mobil atau motor listrik,” pungkasnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #menko #luhut #groundbreaking #pabrik #juli #2024 #target #operasi #tahun #2026

KOMENTAR