BSI Beri Santunan Rp 3 Miliar untuk 3.333 Anak Yatim
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin (kiri kedua) saat menyalami anak yatim didampingi Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kiri pertama) pada acara Santunan 3.333 Anak Yatim. (BSI untuk JawaPos.com)
11:54
20 Maret 2024

BSI Beri Santunan Rp 3 Miliar untuk 3.333 Anak Yatim

- PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkomitmen untuk memberikan social impact yang semakin luas. Dengan pendekatan berbasis jamaah, meliputi pengembangan masjid, ZISWAF, pesantren, sekolah Islam, serta layanan haji dan umroh.

Selasa (19/3), bank syariah terbesar di Indonesia itu memberikan santunan kepada 3.333 anak yatim. Total santunan yang diberikan sekitar Rp 3 miliar. Acara yang digelar di Assembly Hall Jakarta Convention Center itu juga merupakan agenda tahunan rangkaian milad BSI ke-3.

“Setelah sebelumnya diadakan pada rangkaian milad ke-2 dengan jumlah peserta 2.222 dan milad ke-1 yang diikuti oleh 1.111 peserta,” ucap Direktur Utama BSI Hery Gunardi dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, dia juga melaporkan kinerja BSI kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang turut hadir. Hingga Desember 2023, pembiayaan yang disalurkan ke sektor halal value chain sekitar Rp 19,93 triliun. Terdiri atas pembiayaan ke subsektor makanan dan minuman halal sebesar Rp 9,28 triliun.

Kemudian, pembiayaan ke subsektor farmasi dan kosmetik halal sebesar Rp 7,94 triliun. Lalu, pembiayaan ke sektor modest fashion sebesar Rp2,45 triliun. “Nilai tersebut tentunya kami upayakan untuk terus tumbuh,” kata Hery.

BSI juga fokus mengembangkan sosio-bisnis dengan mengelola keuangan untuk lebih dari 53 ribu masjid, 11 ribu pesantren, 36 ribu sekolah Islam, dan lebih dari 4 ribu lembaga ZISWAF di Indonesia. Serta, melayani lebih dari 4,6 juta nasabah tabungan haji dengan total dana mencapai Rp 12,5 triliun.

Dalam periode yang sama, Hery menjelaskan, pertumbuhan aset BSI mencapai 15,67 persen secara tahunan. Dengan demikian, merupakan bank dengan pertumbuhan aset terbesar di industri perbankan nasional. “Alhamdulillah, berkat capaian-capaian tersebut saat ini BSI menjadi bank nomor lima terbesar di Indonesia,” terangnya.

Wakil Direktur Utama BSI Bob Tyasika Ananta menyatakan, pihaknya menyiapkan kebutuhan uang tunai sekitar Rp 43 triliun. Ditempatkan di kantor cabang maupun mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Dibandingkan tahun lalu, uang tunai yang disediakan meningkat 15-20 persen.

“Memang karena momentum Ramadan dan lebaran tahun ini bertepatan dengan akhir bulan Maret. Dimana ada THR (tunjangan hari raya), bonus, gajian, dan segala macam. Maka penyediaan cash ada peningkatan,” ujar Bob saat ditanyai Jawa Pos.

Meski demikian, BSI mendorong budaya cashless dengan mengalihkan transaksi lewat digital. “Memang masih perlu disiapkan, apalagi mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim. Ini perlu diantisipasi,” imbuhnya.

Sementara itu, pada kesempatan santunan 3.333 anak yatim BSI, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan beberapa pesan. Diantaranya adalah meminta BSI untuk istikamah menerapkan nilai-nilai syariah. Dia mengatakan sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, BSI menjadi barometer perkembangan bank syariah nasional dan global. Dia juga mengatakan BSI saat ini masuk 10 besar bank syariah dunia.

Dia menekankan egiatan santunan anak yatim ini, tidak hanya menumbuhkan kepedulian sosial. "Tetapi juga menjadi kesempatan untuk mengenalkan bank syariah," jelasnya. Ma'ruf meminta BSI untuk terus mendorong uoaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah kepada masyarakat.

Mantan Ketua MUI itu juga berpesan supaya BSI menjadi pintu yang membuka kesempatan bagi masa depan anak-anak Indonesia. Termasuk untuk anak-anak yatim, supaya bisa berprestasi serta optimalisasi potensi yang dimiliki. Sehingga nantinya mereka mampu mengisi ruang-ruang pembangunan.

"Mudah-mudahan diantara kalian nanti ada yang jadi Dirut BSI, jadi menteri, atau menggantikan saya jadi Wakil Presiden," kata Ma'ruf disambut ucapan amin secara serentak dari anak-anak yatim.

Kemudian Ma'ruf juga berharal BSI bisa manjadikan anak-anak Indonesia yang mampu membawa negeri pada kemajuan dan kesejahteraan. Ma'ruf berharap kegiatan BSI itu bisa direplikasi oleh berbagai elemen lainnya. "Tahun depan 4.444 anak yatim. Berikutnya 5.555 anak yatim. Kita doakan BSI-nya semakin maju dan berkembang," jelasnya. 

Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #beri #santunan #miliar #untuk #3333 #anak #yatim

KOMENTAR