Populasi WNI di Jepang Melonjak! Lebih dari Dua Kali Lipat dalam 5 Tahun
Ilustrasi Jepang [Unsplash/Jazeel]
15:57
17 Maret 2024

Populasi WNI di Jepang Melonjak! Lebih dari Dua Kali Lipat dalam 5 Tahun

Menjadi salah satu negara tujuan wisata dan kerja paling populer di Indonesia, Jepang nyatanya memiliki daya tarik yang besar untuk WNI. Tidak sedikit yang kemudian memutuskan untuk tinggal dan bekerja di sana, sehingga menarik untuk melihat jumlah kenaikan WNI di Jepang dari tahun 2019-2024 ini.

Jepang sendiri dikenal sebagai negara dengan etos kerja luar biasa tinggi. Industri di negara tersebut memerlukan pasokan tenaga kerja yang cukup besar, namun tidak diimbangi dengan pertambahan jumlah penduduk positif dari tahun ke tahun.

Alasan Banyaknya Pekerja Indonesia di Jepang

Salah satu alasan utama mengapa pekerja Indonesia, dan banyak negara lainnya, ‘membanjiri’ adalah karena krisis kependudukan yang tinggi di negara ini. Dilansir dari The Japan Times, penduduk Jepang termasuk residen asing per 1 Januari 2023 lalu turun sebanyak 511,000 orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Dengan adanya krisis kependudukan ini, Jepang kemudian memiliki banyak peluang untuk tenaga kerja asing mencari nafkah di sana. Dari tahun ke tahun, diketahui jumlah WNI yang bekerja di Jepang terus mengalami peningkatan.

WNI yang ada di Jepang sendiri kemudian tersebar di berbagai kota dan daerah, meski salah satu area yang memiliki jumlah WNI terbanyak tetap Tokyo sebagai salah satu area terbesar di Jepang. jumlah ini menggunakan data yang dihimpun dari tempat kerja di sektor swasta.

Jumlah Kenaikan WNI di Jepang dari Tahun 2019-2024

Dari tahun ke tahun jumlah warga negara Indonesia di Jepang terus mengalami peningkatan. Meski WNI yang ada di sana ada pula yang berstatus ilegal, tapi tentu masih lebih banyak yang berstatus legal dan memiliki dokumen lengkap untuk bekerja dan tinggal di Jepang.

Di tahun 2019, disampaikan oleh salah satu media online, jumlah WNI di Jepang mencapai 56,346 orang. Data ini diperoleh ketika terjadi Badai Hagibis yang melanda negara tersebut dan menimbulkan cukup banyak korban.

Pada tahun 2020 per bulan Juni 2020, tercatat setidaknya terdapat 66,084 WNI yang ada di jepang. Kembali lagi, data ini dirilis oleh imigrasi Jepang ketika terjadi gempa dengan kekuatan cukup besar yang dialami Prefektur Fukushima dan Miyagi.

Kemudian di tahun 2021 lalu, mengacu pada data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, setidaknya terdapat sekitar 67,000 orang, mengalami sedikit peningkatan dibanding tahun 2020.

Di tahun 2022 tepatnya bulan Oktober setidaknya terdapat hampir 78,000 WNI yang tinggal di Jepang, peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan ketika masa pandemi beberapa waktu lalu.

Lalu di tahun 2023 ada hampir 90,000 WNI yang tinggal di jepang, dan mengalami peningkatan hingga 121,000 di tahun 2024 ini.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #populasi #jepang #melonjak #lebih #dari #kali #lipat #dalam #tahun

KOMENTAR