Terungkap! Airlangga Hartarto Sudah Terapkan Makan Siang Gratis di Kemenko Perekonomian
Ketum Golkar Airlangga Hartarto. (Suara.com/Novian)
18:04
8 Maret 2024

Terungkap! Airlangga Hartarto Sudah Terapkan Makan Siang Gratis di Kemenko Perekonomian

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengklaim telah melakukan program makan siang gratis kepada pegawai di lingkungan Kemeko Perekonomian. Program itu sudah berlangsung selama setahun ini.

Dia juga menyebut, dengan program ini para pegawai akan disediakan makana prasmanan setiap hari kerja. Namun, Airlangga mengaku, per porsinya makanan dipatok seharga Rp 15 ribu per porsi.

"Makan itu adalah standar di Kemenko Perekonomian, sudah satu tahun dan biayanya tidak lebih dari Rp 15 ribu," ujar Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Ketua Umum Partai Golkar ini bilang, hari ini dirinya ikut dalam program makan siang gratis ini. Airlangga mengungkapkan, menu pada Jumat siang ini diantaranya yam opor, tahu dan tempe bacem, kentang mustofa, dan sambal.

Sayangnya, dengan menu itu, Airlangga mengakui harganya di atas Rp 15.000

"Cuma hari ini bukan makan Rp 15 ribu," kata dia.

Uji coba makan siang gratis untuk anak sekolah

Sebelumnya, Airlangga mulai melakukan uji coba program makan siang gratis dan pemberian susu gratis di Tanggerang, Banten.

Simulasi program makan siang gratis ini diberikan kepada siswa SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Banten. Ada juga anak-anak SD yang mendapatkan makan siang gratis tersebut.

"Makan gratis ini untuk gizi yang lebih baik," kata Airlangga, dalam sambutannya, di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Kamis (29/2/2024).

Namun demikian, dalam paparannya Airlangga enggan mengaitkan uji coba ini dengan program makan siang gratis Prabowo-Gibran. Ia justru menyebutkan, program ini merupakan bagian dari pemerintah untuk mencapai Indonesia Emas 2045. "Ini akan direplikasi di berbagai daerah, dan kita juga ingin meng-encourage daerah lain yang bersedia menjadi percontohan," tutur Airlangga.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #terungkap #airlangga #hartarto #sudah #terapkan #makan #siang #gratis #kemenko #perekonomian

KOMENTAR