Naik atau Nggaknya Harga BBM Pertamax Cs Bakal Ditentukan Juni
Pengendara mengisi BBM di sebuah SPBU di Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]
17:45
8 Maret 2024

Naik atau Nggaknya Harga BBM Pertamax Cs Bakal Ditentukan Juni

Pemerintah bakal mempetimbangkan naik atau turunnya harga BBM non subsidi Pertamina pada Juni 2024. Artinya, hingga Juni ini harga BBM Pertamax cs tetap.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengatakan, harga minyak dunia kekinian telah mulai menuju 85 dolar AS per barel. Meski begitu, dirinya kekeuh untuk menimbang harga BBM non subsidi pada bulan Juni.

"Kira-kira Juni lah kita lihat. Kita lihat Juni karena hampir US$ 83 per barel," ujar Arifin di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Ketika ditanya soal dampak keuangan Pertamina atas kebijakan tersebut, dirinya menyebut akan ada perhitungan tersendiri.

Tanggapan Erick Thohir

Menteri BUMN, Erick Thohir menyebut, upaya menahan harga BBM non subsidi didasari kondisi yang tidak menentu saat ini. Menurut dia, dengan kondisi harga pangan yang naik seperti ini, jika harga BBM naik, maka akan makin memberatkan rakyat.

Alhasil, upaya penahanan harga BBM ini agar masyarakat tidak berdampak pada kondisi yang berat seperti ini. Selain itu, langkah ini juga menjaga agar inflasi tidak terkerek lebih tinggi.

"Jadi gini, bahwa masalah situasi dari dunia hari ini kan sedang tidak menentu, tentu kita harus prihatin dengan kondisi rakyat. Kita, yang saya dapat laporan dari Bulog, sekarang kan harga beras di pasar-pasar grosir sudah mulai stabil, tapi yang pasar lainnya kan ini lagi dikerjain sama Bulog dan Bapanas," ujar Erick saat ditemui di Kantor BPKP, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024).

"Bersamaan juga kan sekarang harga dari BBM ini ngga naik juga. Kita coba jaga supaya jangan masyakarat terbawa, terkenang dampak, ini yang kita lagi coba seimbangkan. Dan kita yakin, tentu kita tetap jaya inflasi dan jaga pertumbuhan ekonomi," tambah dia.

Harga BBM non Subsidi Pertamina

Berikut daftar harga BBM Pertamina untuk wilayah Jabodetabek:

Pertalite: Rp 10.000 per liter
Pertamax: Rp 12.950 per liter
Pertamax Turbo: Rp 14.400 per liter
Dexlite: Rp 14.550 per liter
Pertamina Dex: Rp 15.100 per liter
Pertamax Green 95: Rp 13.900 per liter

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #naik #atau #nggaknya #harga #pertamax #bakal #ditentukan #juni

KOMENTAR