Menko Airlangga Bakal Simulasi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran di Tangerang Hari Ini
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Nurul Fitriana/JawaPos.com)
11:18
29 Februari 2024

Menko Airlangga Bakal Simulasi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran di Tangerang Hari Ini

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto akan melakukan simulasi program makan siang gratis di Tangerang, Banten, hari ini, Kamis (29/2).   Dalam undangan yang diterima JawaPos.com, acara tersebut akan digelar di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, pada pukul 11.30 WIB.   Tak hanya siswa SMP, dalam acara yang akan dihadiri langsung oleh Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar ini juga melibatkan para siswa SD.   “Bersama ini kami mengundang rekan media massa untuk dapat meliput agenda  Simulasi Program Makan Siang untuk Siswa SD dan SMP,” tulis Kemenko Perekonomian dalam undangan tersebut.  

  Sebagaimana diketahui, program makan siang dan susu gratis merupakan milik capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Program ini akan disimulasikan, walaupun belum ada keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).   Dalam rencananya, program makan siang gratis ini ditetapkan Rp 15.000 per anak. Namun, biaya tersebut belum terhitung dengan susu gratis yang juga akan diberikan.   Adapun sumber biayanya direncanakan akan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025. Tetapi, di tengah proses Pemerintah dalam merancang APBN 2025, sejumlah menteri masih menepis. Pasalnya, kepastian itu baru akan dirumuskan di pembahasan selanjutnya pada Maret mendatang.  

  Sementara itu, Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran tengah merancang pelaksanaan program makan gratis, termasuk anggarannya. Wakil Ketua Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko mengatakan, penganggaran makan gratis pada tahun perdana akan kolaboratif.   Dia memperkirakan, pada tahun perdana nanti implementasi program makan gratis akan membutuhkan Rp 120 triliun. Dari jumlah tersebut, bermaksud menargetkan pembiayaan melalui APBN hanya 50-60 persen.   Sementara itu dapat dicapai melalui pendekatan Collaborative Farming bersama industri pangan, baik swasta nasional, maupun BUMN Pangan.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #menko #airlangga #bakal #simulasi #program #makan #siang #gratis #prabowo #gibran #tangerang #hari

KOMENTAR